Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 Dibuka, Berikut Syarat dan Caranya

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 Dibuka, Berikut Syarat dan Caranya

JAKARTA – Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 mulai dibuka pada hari ini, Kamis (3/9/2020) sejak pukul 12.00 WIB siang tadi dan sudah dapat diakses di laman resmi www.prakerja.go.id.

Selain itu, pengumuman penerima Kartu Prakerja Gelombang 6 juga diumumkan pada hari ini. Bagi peserta yang lolos Kartu Prakerja Gelombang 6, maka dianjurkan untuk mengecek dashboard akun prakerja guna memastikan dana pelatihan yang sudah tersedia.

Kemudian, para peserta yang lolos akan mendapatkan biaya pelatihan dan insentif pasca pelatihan untuk meningkatkan kemampuan.

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang diperuntukkan bagi para pencari kerja, pekerja yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19), atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Sementara itu, bagi para pendaftar yang ingin mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 7, ada baiknya calon peserta menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran.

Adapun syarat pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 adalah sebagai berikut:

– Calon pemilik Kartu Prakerja hanya berasal dari kalangan Warga Negara Indonesia (WNI)

– Usia minimal untuk mendaftar karu Prakerja adalah 18 tahun

– Para penerima kartu Prakerja juga harus dari kalangan yang tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Dilansir dari prakerja.go.id, berikut ini merupakan tahap pendaftaran Kartu Prakerja:

1. Peserta yang menginginkan kartu Prakerja, diminta untuk mengakses pendaftaran melalui website resmi Prakerja.go.id, kemudian klik tombol ‘Daftar’.

2. Peserta yang mendaftar kartu Prakerja akan diminta melakukan penginputan data atau mengisi formulir pendaftaran secara online, para petugas Disnaker akan mendampingi peserta saat melakukan pendaftaran secara kolektif.

3. Kemudian nantinya para peserta Prakerja harus mengikuti dan melalui seleksi online berdasarkan kemampuan dasar dan motivasi, atau sama seperti tes kemampuan dasar.

4. Kemudian para peserta Prakerja akan diminta untuk memilih pelatihan yang disyaratkan oleh industri, kemudian untuk mengikuti pelatihan, dan para peserta dapat membayarnya dengan saldo yang ada di dalam kartu Prakerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: