Tiongkok Siapkan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 Tahun Depan

Minggu 27-09-2020,20:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

BEIJING - Otoritas Tiongkok menyatakan bahwa kapasitas produksi tahunan negara ini untuk vaksin virus Corona (COVID-19) akan mencapai 1 miliar dosis pada tahun 2021 mendatang.

Hal ini menyusul program agresif pemerintah dalam mendukung pembangunan pabrik baru untuk menambah kapasitas produksi vaksin.

Seperti dilansir Associated Press, Direktur Pusat Pengembangan Sains dan Teknologi pada Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, NHC), Zheng Zhongwei, menyatakan bahwa kapasitas produksi vaksin Corona di Tiongkok diperkirakan mencapai 610 juta dosis pada akhir tahun ini.

Baca Juga: Azis Kembali Inspeksi Penegakan Protokol Kesehatan, Pelanggaran Masih Ditemukan di Mal

\"Berdasarkan penilaian kami saat ini, hingga akhir tahun ini, kami memperkirakan kapasitas produksi tahunan vaksin kita akan mencapai 610 juta dosis. Harap dicatat bahwa saya mengatakan kapasitas tahunan,\" ucap Zheng dalam konferensi pers.

\"Tahun depan, kapasitas (produksi) tahunan kita akan mencapai lebih dari 1 miliar dosis,\" tegas Zheng.

Zheng menyebut bahwa distribusi vaksin akan memprioritaskan kelompok-kelompok seperti pekerja medis, personel perbatasan dan warga lanjut usia, sebelum nantinya tersedia untuk masyarakat umum.

2

Tiongkok telah mengupayakan pembangunan fasilitas uji coba vaksin dan pabrik produsen vaksin, dan menugaskan pemantau independen dalam proses pembangunannya.

Saat ini, Tiongkok memiliki 11 kandidat vaksin yang sedang diuji coba terhadap manusia. Empat kandidat vaksin di antaranya telah memasuki uji coba fase 3 yang juga fase akhir. (yud)

Tonton video berikut:

https://youtu.be/HOW95hkRObE
https://youtu.be/nT3H4-GFxJo

Tags :
Kategori :

Terkait