Usul MMA Masuk Porprov Jabar

Minggu 11-10-2020,10:00 WIB
Reporter : Abdul Hamid
Editor : Abdul Hamid

CIREBON – Kota Cirebon mendorong MMA dipertandingkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2022. Beberapa upaya sudah dilakukan pengurus Cabang Indonesia Bela Diri Amatir Mixed Martial Art (IBA-MMA) Kota Cirebon. Termasuk berkoordinasi dengan salah satu tuan rumah Porprov.

Ketua Umum IBA-MMA Kota Cirebon terpilih, Harry Saputra Gani mendukung upaya mengusulkan agar MMA dipertandingkan secara resmi di Porprov Jawa Barat. Menurut dia, jika berhasil masuk Proprov, MMA akan cepat berkembang di daearah. “Memang itu tujuan kami membangun IBA-MMA,” katanya.

Belum lama ini, sejumlah pengurus IBA-MMA Kota Cirebon bertandang ke Kabupaten Subang. Tujuannya, menemui Ketua Umum KONI Kabupaten Subang, Asep Rohman. Seperti diketahui, Porprov Jawa Barat 2022 digelar di tiga daerah. Subang salah satu tuan rumahnya.

Wakil Ketua II IBA-MMA Kota Cirebon, Rafo Fender Latupeirissa memimpin rombongan menuju Subang. Pria yang juga Ketua Umum Muaythai Indonesia (MI) Kota Cirebon itu berpengalaman menggolkan muaythai ke Porda Jawa Barat pada tahun 2018 lalu di Kabupaten Bogor.

Rafo berharap, upayanya kali ini juga sukses. Menurut dia, perlu lobi-lobi yang kuat dari Pengcab IBA-MMA di Jawa Barat kepada tuan rumah Porda. “Posisi tuan rumah memang sangat menentukan dalam setiap perhelatan multievent olahraga,” katanya.

“Sekarang kita sedang berjuang. Kita memulainya dengan membuka wacana masuknya IBA-MMA dipertandingkan di Porprov, kemudian mendiskusikannya dengan salah satu tuan rumah. Sambutan dari KONI Kabupaten Subang cukup bagus,” imbuhnya.

Rafo tahu, butuh perjuangan panjang. Tuan rumah tidak serta merta menyetujui cabor baru masuk ke perhelatan empat tahunan itu. Ada banyak syaratnya. Termasuk kontribusi medali bagi kontingen tuan rumah Porprov itu sendiri.

2

Saat muaythai tembus ke Porda dua tahun lalu, Rafo menghadapi hal serupa. Butuh waktu lebih dari setahun untuk memastikan cabor bela diri asal Thailand tersebut dipertandingkan secara resmi di Porda.

“Yang penting kita sekarang berjuang dulu. Di samping itu juga harus mempersiapkan atlet-atlet terbaik,” pungkasnya. (mid/ttr)

Tags :
Kategori :

Terkait