Peluang Usaha Baru: 5 Cara Lengkap Hasilkan Uang dari Game Mobile Legends

Jumat 16-10-2020,16:55 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Untuk Anda yang sedang mencari ide peluang usaha baru, bisa simak artikel berikut ini. Kali ini kita akan bahas ide bisnis yang menarik dan terbilang masih jarang. Tepatnya kita akan bahas peluang usaha di bidang game, khususnya game populerseperti: Mobile Legends.

Hah emang bisa menghasilkan uang dari game, seperti game Mobile Legends: Bang-Bang? Tentu saja bisa. Ada banyak peluang yang bisa Anda eksekusi.

Beragam Peluang Usaha di Era Digital

Pada dasarnya terdapat banyak ide usaha yang bisa dimulai di era digital. Apalagi sekarang siapapun sudah punya akses ke media pemasaran yang dapat dijangkau dengan mudah. Misalkan seperti memakai WhatsApp, memakai media sosial, memakai website/blog, dan banyak lagi. Dengan demikian, dari sisi pemasaran sebenarnya semua sudah sangat terbantu.

Nah dari sekian banyak kesempatan yang tersedia, salah satu industri yang sedang tumbuh pesat adalah industri game. Dengan jumlah pengguna internet dan mobile yang sangat besar, Asia Tenggara (termasuk Indonesia) menyimpan potensi besar bagi industri game. Pada tahun 2019, terdapat lebih dari 360 juta pengguna internet di Asia Tenggara. Yang mana game mobile menjadi favorit dan telah melampaui game PC dan console dalam hal revenue dan jumlah download.

Dari antara sekian banyak game mobile terpopuler, ada dua nama game yang sangat terkenal di Indonesia. Keduanya adalah Free Fire dan Mobile Legends: Bang-Bang. Nah, khusus pada artikel ini kita akan bahas beragam peluang bisnis yang bisa/cocok Anda jalankan jika Anda tertarik pada bidang game, khususnya game MLBB (Mobile Legends: Bang Bang).

5 Peluang Bisnis Menarik di Game MLBB

2

MLBB (Mobile Legends) merupakan salah satu game terpopuler di Indonesia. Mengutip data SensorTower, sejak dirilis sampai akhir 2019 lalu, diperkirakan MLBB sudah meraih pendapatan lebih dari $USD 500 juta. Game ini sangat populer, khususnya di Malaysia dan Indonesia. Jika melihat data di Play Store, game ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. Dengan basis pemain yang besar, tentunya MLBB menyimpan potensi bisnis yang menarik.

Nah berikut ini beberapa ide dan peluang bisnis yang bisa Anda coba jika Anda tertarik untuk bisa dapat uang dari game.Khususnya melalui game Mobile Legends.

1. Menjadi Pro Player Mobile Legends

Jika Anda punya keterampilan dalam bermain Mobile Legends, mungkin peluang ini bisa Anda jajaki. Dengan keterampilan yang hebat, siapa tahu Anda bisa jadi pro player. Nantinya dapat bergabung di tim esports dan menjadi seorang atlet esports profesional. Tentunya pundi-pundi Rupiah dapat menghampiri Anda. Lihat berbagai proplayer yang saat ini sudah sukses karirnya.

Tak hanya perlu keterampilan dan strategi, Anda juga perlu memikirkan cara agar bisa dilirik dan ditarik bergabung di tim esports. Banyak cara yang dapat Anda gunakan agar bisa masuk radar pantauan. Misalnya dengan sering mengikuti turnamen, dengan mempopulerkan profil Anda (misal: lewat media sosial, seperti channel YouTube), atau dengan mengunjungi event-event game. Untuk Anda yang tertarik, maka ini bisa menjadi salah satu pilihan.

2. Menjadi YouTuber MLBB

Saat ini juga eranya YouTube. Berkaitan dengan nomor 1 tadi, Anda juga bisa berkiprah dengan menjadi seorang content creator, misalkan menjadi seorang YouTuber. Sudah tentu Anda akan membuat konten-konten gaming, khususnya yang berkaitan dengan game populer. Dalam hal ini, Anda bisa membuat konten seputar Mobile Legends.

Misalkan Anda bisa membuat konten-konten seperti:

  • Tutorial permainan,
  • Membahas strategi permainan,
  • Review item di dalam game,
  • Tips dan trik bermain,
  • dan banyak lagi.
Tags :
Kategori :

Terkait