Peluang Usaha Baru: 5 Cara Lengkap Hasilkan Uang dari Game Mobile Legends

Jumat 16-10-2020,16:55 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Penghasilan seorang YouTuber nanti bisa berasal dari berbagai macam sumber. Namun utamanya, Anda dapat membuat channel YouTube yang besar dulu. Upayakan mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tontonan. Setelah mencapai ambang batas tersebut, Anda bisa ajukan channel YouTube ke YouTube Partner Program. Ketika Anda lolos program tersebut, nantinya channel Anda bisa menayangkan berbagai iklan dan program monetisasi. Dari sana Anda akan dapat penghasilan dari YouTube.

Tak hanya dari iklan, bisa juga Anda mendapatkan penghasilan dari kerja sama dengan brand, dapat dari sponsor, dan banyak lagi. Intinya ini juga peluang usaha yang menarik.

3. Menjadi Blogger Gaming, Bahas Game Populer

Tak melulu harus jadi YouTuber. Untuk Anda yang suka menulis juga bisa membuat blog dan menjadi seorang blogger. Sama seperti YouTuber, seorang blogger juga akan rutin membuat konten. Hanya saja, konten tersebut akan dipublikasikan di blog milik si blogger. Penghasilannya nanti bisa didapatkan dari sponsor, dari menayangkan iklan Google AdSense, dari iklan lain, dan banyak lagi.

2

Walaupun YouTube sudah sangat populer, masih tetap ada kok orang-orang yang gemar membaca blog. Apalagi blog gaming. Sebab gaming termasuk topik yang menarik, dikarenakan jumlah gamers di Indonesia semakin banyak dan pasarnya terus bertumbuh.

Yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah:

  1. Buatlah sebuah blog yang fokus membahas tentang game. Misalkan Anda bisa bahas game-game populer. Fokuskan isi dan konten blog Anda pada tema game tersebut.
  2. Nantinya Anda bisa buat konten-konten yang menarik, seperti konten review, tutorial, membahas game terbaru dan terseru, dan banyak lagi.
  3. Yang tak kalah penting, promosikan blog Anda dengan gencar. Sebab agar sebuah blog berhasil, blog tersebut harus punya banyak pengunjung (trafiknya tinggi). Semakin tinggi trafik sebuah blog/website, maka akan semakin banyak peluang monetisasi yang bisa dikerjakan oleh pemilik blog/web tersebut. Jadi jangan lupa untuk gencarkan promosi website gaming Anda.
  4. Setelah blog Anda punya trafik yang tinggi, barulah Anda bisa membuka berbagai kesempatan bisnis. Seperti menyediakan jasa iklan/sponsor di blog Anda, menyewakan ruang iklan, menayangkan iklan AdSense, dan banyak lagi.

Contoh konten blog dengan tema gaming (sumber: Blog.UniPin.com)

4. Menjual Produk/Jasa yang Berkaitan dengan Mobile Legends

Ide bisnis berikutnya adalah dengan menjual jasa/produk yang berkaitan dengan game MLBB. Contoh produk ini misalnya: merchandise atau produk-produk lain yang relevan. Misalkan Anda juga bisa menjadi reseller voucher game. Ini termasuk peluang usaha yang menarik. Jadi Anda bisa membantu melayani kebutuhan top up game dari para gamers. Salah satu penyedia layanan top up game yang besar dan populer di Indonesia adalah UniPin. Termasuk, Anda juga bisa memakai layanan UniPin untuk top up ML (Mobile Legends).

Dalam hal ini, UniPin memfasilitasi para gamers untuk melakukan pembelian voucher ataupun melakukan isi ulang (top up) game yang mereka mainkan. Tak hanya MLBB, namun ada banyak game dan produk digital lainnya. Anda bisa menemukan segudang produk lain seperti Free Fire, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Point Blank, dan beragam game populer lainnya.

Nantinya Anda juga bisa eksplor berbagai peluang/ide bisnis lain yang masih berkaitan dengan game. Ada banyak peluang yang bisa dikembangkan.

5. Mengadakan Turnamen dan Event MLBB

Tags :
Kategori :

Terkait