Menkominfo Tegaskan Vaksin untuk Semua Warga Indonesia

Jumat 06-11-2020,15:03 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA – Pemerintah sedang mempersiapkan rencana vaksinasi nasional dalam waktu dekat. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan vaksin COVID-19 akan tersedia bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Indonesia harus mampu menyediakan vaksin untuk semua warga negara. Ini adalah amanah konstitusi,” kata Johnny melalui diskusi daring, di Jakarta, Kamis (5/11).

Hal itu mengacu pada kekhawatiran apakah Indonesia bisa memenuhi permintaan vaksinasi untuk lebih dari 268 juta jiwa penduduknya. Mengenai jumlah vaksin yang tersedia, lanjut Johnny, memang akan sulit melakukan vaksinasi sekaligus. Sebab, distribusi vaksin dilakukan secara bertahap.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan sebanyak 170 juta jiwa atau sekitar 60 persen dari total jumlah penduduk Indonesia akan mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Sementara Indonesia, memerlukan vaksin COVID-19 sebanyak 340 juta dosis dalam kurun waktu setahun.

Dia optimistis negara dapat memenuhi hal tersebut. Mengingat salah satu produsen vaksin terbesar di dunia, yakni PT Bio Farma, tengah berupaya menyelesaikan uji klinis tahap ketiga vaksin Corona dan juga membuat Vaksin Merah Putih.

Dia tak menampik prosesnya tak bisa cepat. Namun, proses vaksinasi bisa dilakukan setelah seluruh persyaratan terpenuhi. Salah satu persyaratan itu adalah sertifikasi medis dan label halal vaksin.

“Pemerintah melalui MUI, BPOM dan WHO sudah menempuh tahapan yang seharusnya dilakukan. MUI akan mengeluarkan fatwa mengenai hal ini. Harapannya, program vaksinasi secara bertahap dapat mulai dilakukan di akhir tahun ini. Persisnya kapan, kita tunggu,” urainya.

2

Menurutnya, pemerintah berkomitmen menyediakan vaksin dan program vaksinasi untuk seluruh masyarakat. Namun, pemerintah juga memerlukan dukungan penuh dari khalayak agar pemahaman tentang vaksin dan pelaksanaannya bisa dilakukan dengan baik.

“Pemerintah bersungguh-sungguh bekerja untuk menyediakan vaksin dan program vaksinasi untuk semua masyarakat.Kerja sama masyarakat juga penting. Karena itu, disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) mohon dipatuhi. Semakin banyak yang paham, akan semakin sukses kita lakukan vaksinasi untuk memutus rantai penyebaran COVID-19,” pungkasnya. (rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=HN2Yai-7KK0
Tags :
Kategori :

Terkait