SMP Al Irsyad Helat Semaan Alquran

Rabu 11-11-2020,14:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SMP Al Irsyad memiliki kelas khusus menghafal Alquran. Dan untuk pertama kalinya, sekolah dibawah naungan Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah menggelar acara Sema\'an Tahfidz Alquran (di atas 3 juz), Selasa (10/11).

Tasmiul Quran atau biasa dikenal dengan Sema’an Alquran diikuti tiga siswa yang hafal Alquran. Mereka adalah Rizkya Fitri Ramadhani hafal 15 juz siswa kelas IX yang merupakan putri pasangan dari Abdul Ghofir dan Harnati. Kemudian Aghnia Rizki Amalia hafal 3 juz yang merupakan putri pasangan Fauzan Nurdiansyah dan Wulan Meiria siswa kelas VIII dan Fida Hasnaunnisa kelas VII hafal 3 juz.

Rizkya Fitri Ramadani atau Pipit mengungkapkan, proses menghafal 15 juz cukup panjang. Dia sudah memulainya sejak kelas III di SDIT Sabilul Huda. Bahkan dari kelas 3 hingga kelas 6 Pipit sudah hafal 7 juz. Dan terus berlanjut dan hingga kelas IX. “Mudah-mudahan tahun ini bisa 18 juz,” kata Pipit.

Tiada hari tanpa menghafal Alquran. Ini dilakoni Pipit bakda maghrib, bakda Subuh atau waktu libur. Dalam sehari selama 30 menit ia menghafal 1 halaman. Hebatnya lagi Pipit selalu setor hafalan ke ibundanya.

“Suka menghafal Alquran karena termotivasi ingin memberikan Mahkota kepada mama kelak di Surga,” kata Pipit.

Harnati selaku ibu dari Pipit menjelaskan, keuletan Pipit , menghafal Alquran terlihat sejak kelas III SDIT Sabilul Huda, dan hafalan itu terus terasah dan meningkat hingga berskeolah di SMP Al Irsyad. Apalagi ada program khusus.

Kepala SMP Al Irsyad Al Islamiyyah, Mustaghfiroh S Sos menjelaskan, acara Sema’an Hafidz Alquran dilaksanakan, karena sekolah punya unggulan tahfidz. Karenanya, untuk menjaga hafalan  dilakukan  evaluasi pencapaian target.

2

Ke depan, kata Mustaghfiroh, ada rencana evaluasi 5 juz. Selain menjaga hafalan, sekaligus memberikan motivasi ke siswa. “Ini kita sampai live IG agar siswa lainnya termotivasi, Fida dan Aghnia sebelumnya dari SD Al Irsyad Al Islamiyyah,” tandasnya.

Bagi Mustaghfiroh, walaupun jumlahnya sedikit,  yang penting berkualitas. Jadi yang masuk kelas unggulan adalah anak pilihan, karena targetan minimal 5 juz.

Hadir pada acara Sema’an Ketua Yayasan  Al Irsyad Al Islamiyyah Fuad Anuz SPd, Pj Quran Ida Kholidah, wali murid, dan komite sekolah hadir Fanni Fidiawati, serta wali kelas. (abd/adv)

https://www.youtube.com/watch?v=RD6JzRchwDw
Tags :
Kategori :

Terkait