Banser Gelar Apel Kebangsaan, Jaga Persatuan dan Kesatuan

Senin 30-11-2020,11:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) menggelar Apel Kebangsaan secara virtual se-Nusantara. Apel Kebangsaan dilaksanakan dalam merespons dinamika politik, yang belakangan ini berpotensi mengancam keutuhan bangsa.

Di Cirebon, apel kebangsaan secara virtual tersebut berlangsung di gedung PCNU Kabupaten Cirebon, Minggu (29/11). Diikuti puluhan anggota Banser Kabupaten Cirebon.

Dalam amanatnya saat memimpin apel secara virtual, Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Apel Kebangsaan digelar karena adanya perbedaan pandangan politik ataupun agama yang muncul akhir-akhir ini. Sehingga menyebabkan polarisasi di tengah masyarakat.

Baca juga:

Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj Positif Covid-19, Begini Pesannya

Beraksi di Megu, Pelaku Jambret Takluk di Tangan Anggota Banser Plered

Puluhan Santri di Kabupaten Cirebon Positif Covid-19

2

\"Jika kondisi ini tidak diantisipasi sejak dini dan kurang disikapi dengan baik, maka sangat mungkin akan mengoyak tatanan persatuan bangsa. Apel ini untuk mengingatkan kembali kepada seluruh elemen bangsa bahwa menjaga persatuan dan kesatuan dalam perbedaan pandangan politik ataupun agama adalah satu-satunya cara yang harus dipertahankan,\" katanya.

Pria yanga akrab disapa Gus Yaqut ini mengimbau kepada semua pihak untuk menghindari aksi-aksi pemaksaan dan kekerasan demi kepentingan politiknya.

\"Kepada kelompok-kelompok yang berupaya mengacaukan bangsa Indonesia, kami mengingatkan agar mereka segera menghentikan niatnya tersebut. Jika hal ini tak diindahkan, maka jutaan kader Banser siap membantu pemerintah (TNI/Polri) menghadapi mereka,\" ujarnya.

Sementara itu, Ibnu Ubaidillah selaku Ketua GP Ansor Kabupaten Cirebon kepada radarcirebon.com usai mengikuti apel virtual menyatakan, siap mengikuti perintah pimpinan pusat

\"Apel ini untuk mengingatkan kembali kepada seluruh elemen bangsa bahwa menjaga persatuan dan kesatuan dalam perbedaan pandangan politik ataupun agama adalah satu-satunya cara yang harus dipertahankan,\" sebutnya.

Masih di tempat yang sama, Moh Aan Anwaruddin selaku Sekertaris PC GP Ansor Kabupaten Cirebon mengungkapkan, agenda apa pun yang digelar harus mengedepankan protokol kesehatan.

\"GP Ansor Kabupaten Cirebon mendorong agar masyarakat saling menjaga protokol kesehatan yang telah disepakati bersama, bukan malah merusaknya. Sehingga mengakibatkan penanganan Covid-19 kian banyak menghadapi kendala,\" ungkapnya.

Begitu pun dikatakan H Syarif Ahmad Tholib selaku Kasatkorcab Banser Kabupaten Cirebon. Syarif menuturkan, GP Ansor dan Banser Kabupaten Cirebon tetap mendukung NKRI dan Pancasila.

Tags :
Kategori :

Terkait