IAI Bunga Bangsa Cirebon Adakan Kuliah Pengabdian Masyarakat, Bangun Desa Era Tatanan Hidup Baru

Rabu 16-12-2020,22:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon mengadakan Kuliah Pengabdian Masyarakat Dari Rumah (KPM DR) di berbagai desa di wilayah Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini digelar selama 40 hari dari 26 November-30 Desember 2020. Salah satu desa yang menjadi tempat Kuliah Pengabdian Masyarakat adalah Desa Putat, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan KPM DR IAI Bunga Bangsa Cirebon tahun 2020 ini bertemakan “Membangun Desa Era Tatanan Hidup Baru Berbasis Information Society”.

“Sesuai dengan tema KPM DR tahun ini, saya berharap para peserta KPM Di Desa Putat dapat menjadikan sebagai desa digital yang memuat akan pelayanan masyarakat sebagai keperluan masyarakat,” ungkap DR H Oman Fathurrohman MA, selaku Rektor IAI Bunga Bangsa Cirebon kepada radarcirebon.com, Rabu (18/12).

Dijelaskan Oman, kegiatan KPM DR yang dilaksanakan di Desa Putat tersebut mempunyai beberapa program yang sudah dirancang oleh peserta.

“Dalam kegiatan KPM DR ini, kami para peserta mempunyai harapan dapat membantu aparat desa dalam mempermudah pelayanan masyarakat yakni kami membuat Website yang diberi nama E-Putat. Website ini berguna sebagai salah satu flatform untuk memudahkan masyarakat dalam pembuatan pelayanan masyarakat seperti pembuatan KTP, Akta Lahir atau SKTM,\" jelasnya didampingi E Maulana Yusuf selaku Bidang Teknologi dan Informasi KPM DR.

Sementara menurut Muhamad Rizal selaku Ketua Kelompok KPM DR Desa Putat, selain pembuatan Website E-Putat, kelompok KPM DR Desa Putat mempunyai beberapa program lainnya. Di antaranya membuat beberapa sosial media Desa Putat seperti Facebook, Instagram, dan Youtube.

2

“Beberapa program kegiatan KPM DR di antaranya adalah pembuatan sosial media Desa Putat, Seminar Moderasi Agama, Seminar Bisnis Tanpa Modal, Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru. Kami berharap dengan beberapa program yang sudah dijalankan dapat memberikan nilai positif untuk kemajuan masyarakat Desa Putat,\" ujarnya.

“Desa Putat mempunyai potensi wisata religi yang sangat luar biasa yaitu Kompleks Pemakaman Keramat Panyamunan yang setiap minggunya ramai dikunjungi para peziarah. Kami berharap dengan adanya sentuhan dari para peserta KPM DR akan membuat bertambah banyak para peziarah dan merasa nyaman ketika berziarah serta dapat memahami tentang sejarah Panyamunan itu sendiri,” ungkapnya didampingi Resya Zauharotul Husna selaku Bidang Keagamaan KPM DR Desa Putat. (rdh)

Rizal mengungkapkan, kelompok KPM DR Desa Putat ingin mengembangkan wisata religi yang sudah ada. Yaitu Wisata Religi Panyamunan melalui pembuatan buku sejarah.

Tags :
Kategori :

Terkait