Peringati Hari Ibu, 3.000 Lebih Ibu-ibu Bakal Di-Rapid Test Gratis

Kamis 17-12-2020,12:01 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Ribuan ibu-ibu di Kabupaten Cirebon diberikan kesempatan rapid test secara gratis. Kegiatan tersebut sebagai persembahan atas peran ibu-ibu selama ini di momentum peringatan Hari Ibu ke -92 tingkat Kabupaten Cirebon. Sasaran program tersebut adalah ibu-ibu dari berbagai kalangan yang ada di Kabupaten Cirebon, mulai dari ibu-ibu PKK, ibu hamil dan lain-lain.

Sebanyak 3.000 lebih alat rapid test akan didistribusikan ke puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon. Acara ini dibuka di Pendopo Kantor Kecamatan Sumber Rabu (16/12).

Kadinkes Kabupaten Cirebon, Hj Eni Suhaeni SKM MKes mengatakan, pihaknya akan mendistribusikan 50 rapid test untuk masing-masing puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon. Sehingga nantinya akan ada 3.000 ibu-ibu di Kabupaten Cirebon yang akan di-rapid test.

\"Ini langkah pencegahan yang kita lakukan untuk pemeriksaan dini dan memproteksi ibu-ibu yang ada di Kabupaten Cirebon. Ini dalam rangkaian peringatan hari ibu tingkat Kabupaten yang puncaknya pada 22 Desember 2020 mendatang,\" ujarnya.

Menurut kadinkes, ibu-ibu menjadi salah satu yang berisiko terpapar Covid-19. Hal ini tidak lepas dari kegiatan dan aktivitas sang suami saat bekerja di luar rumah, sehingga perlu adanya pemeriksaan secara masif kepada ibu-ibu. \"Ibu-ibu ini kan kontak dengan anak dan anggota keluarga lainnya yang aktivitas kegiatannya cukup padat. Meskipun sering berada di rumah, namun potensi risiko terpaparnya juga cukup tinggi,\" ujarnya.

Untuk tindak lanjut dari kegiatan rapid test tersebut,  dinkes akan melakukan swab test kepada ibu-ibu yang hasil rapid test-nya reaktif. Hal tersebut menurut Hj Eni adalah bentuk keseriusan dinkes dalam upaya penanganan Covid-19. \"Kalau ada yang reaktif langsung kita lakukan swab test. Tadi pagi (kemarin, red) ada yang reaktif dan langsung dibawa ke Labkesda untuk dilakukan swab test. Tadi ada 2 yang reaktif,\" katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK, Dra Hj Nunung Roosmini yang saat itu hadir dalam kegiatan pembukaan tersebut mengatakan, selain akan dilakukan rapid test dari dinas kesehatan, Pemkab Cirebon juga menerima distribusi alat rapid test dari Pemprov Jabar sebanyak 100 unit.

2

\"Terimakasih kepada ibu TP PKK Jawa Barat atas bantuan 100 alat rapid test ini. Tentu alat ini akan kita gunakan dengan baik. Kita akan lakukan rapid test massif ke ibu-ibu yang ada di Kabupaten Cirebon,\" ujarnya.

Menurut  Nunung, Pemkab Cirebon akan terus berkomitmen untuk terus melakukan upaya pencegahan dan penanggulan Covid-19 kepada seluruh masyarakat, khususnya pada ibu-ibu di Kabupaten Cirebon. \"Rapid test ini diberikan secara gratis, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk deteksi dini Covid-19, dan kita berdoa bersama agar pandemi Covid-19 bisa segera hilang,\" harapnya.

Istri dari Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg tersebut bahkan ikut di-rapid test juga. Setelah menunggu beberapa saat, hasil rapid test Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon tersebut keluar dan dinyatakan non reaktif. (dri/adv)

https://www.youtube.com/watch?v=eWwYhZDQzrU&t=3s
Tags :
Kategori :

Terkait