Ponpes Abu Manshur Kembali Berangkatkan Santri Ke Mesir

Senin 18-01-2021,12:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Pondok Pesantren (Ponpes) Abu Manshur Cirebon kembali memberangkatkan lima santrinya untuk belajar ke Universitas Al- Azhar Kairo, Mesir. Kepada Radar Cirebon, Pengasuh Ponpes Abu Manshur Cirebon, H Moh Alimudin LC menyampaikan, kelima orang tersebut adalah M Aufal Hamam dari Tegal (hafal 30 Juz), Khoirul Anwar dari Brebes (hafal 30 Juz), Ismawati dari Cirebon (hafal 30 Juz), Sulaiman dari Cirebon dan M Rizki. Kelima santri ini akan menempuh pendidikan S1 di Universitas Al- Azhar Mesir dengan Fakultas/Program Studi Fakultas Ushuluddin dan Syariah.

“Santri Ponpes Abu Manshur yang akan menempuh atau melanjutkan pendidikan ke Universitas Al- Azhar Mesir, harus mampu berbahasa Arab dengan baik, mampu membaca dan memahami kitab kuning, serta hafal Alquran minimal 5 Juz. Alhamdulillah keberangkatannya didoakan langsung oleh Syekh Dr Ammar Azmi Al Jailani (Ulama Palestina, keturunan Syekh Abdul Qodir Al-Jailani) di Ponpes Abu Manshur,” tutur Alimudin, kemarin.

Pihaknya telah memberikan beberapa pembekalan agar santrinya bisa beradaptasi dengan suasana baru di Mesir. Termasuk agar terus menjaga diri dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, pengurus yang juga salah satu Pendiri Ponpes Abu Manshur Cirebon, KH Madkosim MBA MM berharap, mahasiwa-mahasiswi Universitas Al-Azhar Mesir alumnus Ponpes Abu Manshur dapat menjaga nama baik almamater, keluarga dan bangsa. Serta, senantiasa fokus pada tujuan studi selama di Mesir, sehingga berhasil meraih ilmu yang kelak di kemudian hari bermanfaat untuk membangun umat.

“Jangan lupa, bawa dan syiarkan nama Ponpes Abu Manshur sebagai wadah alumni, tempat bersama menjaga silaturahim dan kekompakan, agar bersinergi dalam dakwah sekembalinya dari Mesir nanti. Di harapkan menjadi penerus ulama untuk mengembangkan agama Islam di daerahnya masing-masing,” katanya. (via/opl)

Tags :
Kategori :

Terkait