Sinergitas YPSGJ dan UGJ Hasilkan Tiga Profesor

Senin 18-01-2021,18:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

USAHA yang sinergis antara Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ), Dadang Sukandar Kasidin Dan Rektorat UGJ membuahkan hasil yang, pada tahun ini terlahir tiga orang guru besar (Professor) baru di UGJ. Ketiga dosen yang berhasil meraih gelar Professor adalah Prof. Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si selaku rektor UGJ, Prof. Dr. H. Junaedi, SH.,M.Hum,  dan Prof. Dr. Endang Sutrisno, M,H. selaku Dekan Fakultas Hukum.

Menjadi Profesor merupakan cita-cita tertinggi seorang dosen, Kunci utama sukses sebagai calon profesor adalah berusaha atau niat, karakter {budaya riset dan publikasi) dan kerja keras (mandiri maupun kolaborasi) yang disertai doa, kesabaran dan disiplin (manajemen/ target waktu). Untuk itu diperlukan peningkatan motivasi diri.

Setiap dosen dituntut melaksanakan tridharma perguruan tinggi yaitu, mengajar harus melakukan penelitian, sekaligus menjalankan pengabdian kepada masyarakat. Namun yang menjadi kendala terkadang dosen terlalu sibuk dengan jadwal mengajar atau terjebak dengan tugas tambahan sebagai pejabat structural, sehingga dosen tidak sempat meluangkan waktu untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya dalam bentuk artikel ilmiah maupun buku. Hal tersebut yang terkadang menjadi salah satu penyebab terhambatnya dosen dalam meraih jenjang karirnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ) terus mendorong dan memfasilitasi Para dosen UGJ untuk meningkatkan kompetensi dan kualitasnya. Yayasan mensupport penuh dalam berbagai segi termasuk dari segi pembiayaan kuliah bagi dosen yang tidak memperoleh biaya dari kemendikbud ataupun dari sumber lainnya, maka Yayasan siap untuk membantu para dosen studi lanjut. Ini dilakukan semata-mata agar kualitas sumber daya manusia terutama Sumber daya dosen terus meningkat sehingga kualitas mahasiswa dan lulusan UGJ akan Ikut meningkat.

Ketua Yayasan, Dadang Sukandar Kasidin pada setiap kesempatan selalu mengingatkan kepada para dosen untuk selalu membesarkan, meninggikan, dan mengagungkan Allah SWT dalam setiap tindakan, perbuatan, dan ucapan. Selain itu, setiap dosen harus meluruskan niat untuk berbuat baik dengan ikhlas karena Allah SWT dalam membesarkan UGJ, meningkatkan loyalitas kepada lembaga, dan mengukuhkan kesadaran, komitmen, dan disiplin pada peningkatan kinerja, produktif, inovatif, dan kreatif. Teruslah meningkatkan budaya komunikasi dan koordinasi agar guyub dengan selalu menghormati, menghargai, dan mengerti satu sama lain agar sivitas UGJ dapat mempertahankan dan meningkatkan peringkat universitas unggul di tingkat nasional dan internasional.

Sejalan dengan Yayasan, Rektor UGJ menyampaikan bahwa dosen UGJ jangan menjadi dosen minimalis, teruslah untuk studi lanjut. Disamping itu pula Rektor UGJ selalu mengingatkan para dosen untuk meningkatkan jabatan fungsional dosen. Sinergitas antara yayasan dan rektorat, harmonis dan guyub itulah Prinsip dan moto yang mendorong kemajuan di UGJ. YPSGJ dan UGJ berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada seluruh stake holder (rls/ugj)

Tags :
Kategori :

Terkait