Berjuang Melawan Corona Sepekan, Akhirnya Meninggal

Kamis 28-01-2021,02:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

BOGOTA - Menteri Pertahanan Kolombia Carlos Holmes Trujillo meninggal akibat pneumonia yang dipicu COVID-19. Kabar duka tersebut diumumkan corong pemerintah setempat pada Selasa (26/1). Trujillo dikabarkan terinfeksi virus corona dan dilarikan ke unit perawatan intensif (ICU), Senin (18/1). Dia dinyatakan positif hanya selang sehari setelah Menteri Luar Negeri Claudia Blum diumumkan terinfeksi virus corona.

\"Dengan duka cita dan kesedihan yang mendalam saya telah menerima berita kematian menteri pertahanan kami Carlos Holmes Trujillo,\" kata Presiden Ivan Duque Marquez dalam sebuah rekaman video.

Trujillo dirawat di unit perawatan intensif Rumah Sakit Militer di Bogota.

\"Saya tidak bisa mengungkapkan rasa sakit yang saya miliki,\" kata Duque. Carlos Holmes adalah teman saya, rekan saya dalam pertempuran, rekan kerja dan menteri saya.

Sebelum menjabat menteri pertahanan, Trujillo adalah menteri luar negeri dalam pemerintahan Duque. Dia juga telah menyatakan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan umum 2022.

2

Mantan Presiden Alvaro Uribe, salah satu sekutu politik terdekat Trujillo, mengatakan berita kematian Trujillo menghancurkan jiwanya.

Hingga kini Kolombia telah mengonfirmasi lebih dari 2 juta kasus infeksi virus corona, dengan hampir 52.000 korban meninggal akibat penyakit tersebut. Sejauh ini cukup banyak kalangan elite pemerintah Kolombia yang telah terpapar Covid-19. Termasuk di antaranya, Ibu Negara Maria Juliana Ruiz, yang terbukti positif pada November lalu dan Wakil Presiden Marta Lucia Ramirez, yang juga terinfeksi berselang sebulan kemudian. (ant/dil/jpnn)

Tags :
Kategori :

Terkait