RSUD Waled Siap Jadi Tempat Vaksinasi Warga

Selasa 02-02-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON-Sebagai pencegahan dan penanganan covid 19, RSUD Waled untuk pertama kalinya melakukan vaksinasi Covid-19 bagi para tenaga medis, Senin (1/2). Tidak hanya tenaga medis, RSUD Waled juga siap menjadi tempat vaksinasi umum bagi masyarakat jika ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.

Direktur RSUD Waled, dr H Budi Setiawan Soenjaya MM kepada Radar mengatakan pihaknya melaksanakan vaksinasi perdana bagi tenaga kesehatan yang ada di RSUD Waled. “Ini hari pertama kita melaksanakan vaksinasi perdana bagi tenaga kesehatan kita,”ujarnya.

Budi mengatakan ada sekitar 679 nakes di RSUD Waled yang akan mengikuti vaksinasi covid 19. “Kalau jumlah total nakes kita itu ada 679 orang akan dilakukan vaksinasi covid dua kali. Jarak antara vaksinasi ke 1 dan ke 2 adalah 2 minggu. Setiap Nakes yang sudah divaksinasi akan diinfokan jadwal vaksinasi selanjutnya,” tuturnya.

Budi mengungkapkan pada hari perdana (1/2) dilakukan vaksinasi covid pada sekitar 20 Nakes. “Hari ini sebagai awal ada 20 nakes termasuk saya, Wadir dan para dokter serta perawat, besoknya kita akan melakukan vaksinasi Nakes 80 orang setiap harinya,” tuturnya.

Pihaknya mengimbau kepada nakes dan masyarakat untuk tidak khawatir mengikuti vaksinasi covid 19. “Nakes dan masyarakat tidak usah ragu dengan vaksinasi Covid-19  karena seperti sudah disampaikan oleh ketua BPOM dan MUI bahwa vaksin ini halal, aman dan akan meningkatkan kekebalan kepada tubuh kita. Insya Allah kita akan semakin sehat,” ujarnya.

Meskipun telah dilakukan vaksinasi pihaknya mengimbau agar nakes dan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan covid 19. “Setelah divaksin kita tetap harus melaksanakan  5 M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir,  menjaga jarak, menjauhi kerumunan  dan membatasi mobilitas, karena vaksin covid itu bisa membantu kita terhindar dari covid sekitar 65 persen,” ungkapnya.

Budi mengungkapkan pihaknya siap menyukseskan program vaksinasi nasional covid-19 sesuai dengan program pemerintah. Termasuk siap dijadikan tempat vaksinasi covid 19 bagi masyarakat umum. “Memang belum afa info terkait tempat vaksinasi bagi masyarakat umum, namun untuk mensukseskan program vaksinasi nasional covid 19, RSUD Waled siap apabila ditunjuk menjadi tempat vaksinasi bagi masyarakat luas,” ujarnya.(den/ adv)

Tags :
Kategori :

Terkait