Bisnis BBM di Pedesaan dengan Pertashop, Begini Penjelasan Pemerintah dan Pertamina

Jumat 05-02-2021,12:00 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah terus berupaya memulihkan perekonomian nasional. Sejumlah program digulirkan. Salah satunya memfasilitasi pendirian usaha Pertashop di pedesaan.

Pertashop sendiri merupakan program dari PT Pertamina (Persero) yang bertujuan untuk pemerataan energi dan salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian Gede Edy Prasetya mengatakan, fasilitas pembiayaan KUR untuk bisnis Pertashop merupakan sinergi pemerintah dengan BUMN Pertamina.

“Di mana cara kerja dari program tersebut adalah, calon pelaku usaha mengajukan kerja sama untuk bisnis Pertashop melalui platform yang disiapkan Pertamina,” ujar Gede kepada FIN, Kamis 4 Februari.

Edy menjelaskan, platform tersebut nantinya akan tersambung ke fasilitas pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dilayani oleh 43 lembaga penyalur KUR.

“Nantinya mereka (calon nasabah) memakai website nya Pertamina untuk pengajuan itu (Kerja sama Pertashop). Di situ nanti selama ini untuk pembiayaan kan agak susah, nanti kita bantu melalui KUR. Nanti kalau sudah mengajukan, bank nya tinggal verifikasi lapangan,” jelasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait