Bisnis BBM, Tingkatkan Perekonomian Desa

Sabtu 06-02-2021,08:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

“Pertashop akan melayani dan mendekatkan kebutuhan energi masyarakat sekaligus menggerakkan perekonomian daerah,” ucapnya.

Energy Watch Indonesia (EWI) mengapresiasi langkah pemerintah yang melakukan sinergi dengan BUMN Pertamina dalam memberikan kemudahan fasilitas KUR untuk usaha Pertashop di pedesaan.

Namun demikian, Direktur Eksekutif EWI Ferdinand Hutahean mengatakan, ada dua catatan yang menjadi perhatian terkait program tersebut. Pertama, bagaimana proses sosialisasinya agar masyarakat luas mengetahui adanya program tersebut dan menjadikan peluang usaha. Lalu, kedua soal efektivitas penyaluran KUR yang harus tepat sasaran.

“Akses pemerintah yang diberikan melalui pemberian KUR untuk program usaha Pertashop ini sangat bagus dan perlu didukung bahwa ini ada sebuah upaya maksimal untuk menyediakan usaha baru yang bisa menyerap tenaga kerja,” ujar Ferdinand kepada FIN, kemarin.

Masalah sosialisasi dan publikasi, lanjut Ferdinand, menjadi hal yang sangat krusial dan menentukan keberhasilan program tersebut.

“Sekarang adalah bagaimana caranya agar masyarakat di pedesaan ini bisa diarahkan dan mendapat informasi seluas-luasnya. Karena saya khawatir akses masyarakat terhadap informasi untuk mendapatkan KUR dan bisnis Pertashop ini belum merakyat informasinya. Ini PR pemerintah dan Pertamina,” ujarnya.

Kemudian terkait permasalahan dalam penyaluran KUR, di mana banyak keluhan soal sulitnya akses untuk mendapatkan KUR, mengusulkan agar proses seleksi calon penerima KUR harus melibatkan perangkat desa setempat.

“Penyebaran informasi ini menjadi sangat penting supaya masyarakat tahu bahwa ada usaha baru yang di create Pertamina, yaitu Pertashop. Kemudian yang kedua, KURnya di mana, supaya masyarakat tahu harus mendatangi ke mana. Karena kalau infonya terbatas nanti infonya itu lagi itu lagi,” tukasnya. (fin)

Tags :
Kategori :

Terkait