Alhamdulillah, 630 Rutilahu di Kota Cirebon Dapat Bantuan Perbaikan

Rabu 10-02-2021,22:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Pemerintah Kota (Pemkot) terus berupaya mengalokasikan anggaran untuk perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) untuk warga Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati usai sosialisasi kepada BKM/LKM/LPM penerima bantuan sosial di Gedung Korpri, Jalan Brigjen Dharsono By Pass Kota Cirebon, Rabu (10/2).

“Kebutuhan kita masih banyak. Saya bersyukur karena tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) memberikan alokasi yang lebih besar untuk perbaikan rutilahu di Kota Cirebon dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlahnya bahkan naik 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya,\" ungkapnya.

Eti mengakui, kebutuhan untuk perbaikan rutilahu di Kota Cirebon masih cukup banyak. Tercatat masih ada sekitar 4 ribuan lagi rutilahu yang membutuhkan perhatian untuk segera diperbaiki.

“Saya akan langsung mendatangi Kementerian PUPR di Jakarta. Mereka akan mengakses program di kementerian tersebut agar bisa mendapatkan anggaran perbaikan rutilahu untuk masyarakat Kota Cirebon,\" ucapnya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Jabar, Muh Eko Damayanto menjelaskan, sebanyak 630 rumah di Kota Cirebon masing-masing mendapatkan alokasi sebesar Rp17.500.000 untuk perbaikan rutilahu.

“Total dana yang dialokasikan sebesar Rp11,2 miliar lebih. Dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Dari nilai tersebut, sebesar Rp16,5 juta digunakan untuk bahan bangunan, Rp700 ribu untuk upah tukang dan Rp300 ribu untuk administrasi. Untuk penerima bantuan nantinya akan diberikan dalam bentuk bahan bangunan,\" pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait