Temukan Tiga Kasus Baru, Selandia Baru Langsung Lockdown

Selasa 16-02-2021,02:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

WELLINGTON - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern pada Minggu mengumumkan penguncian wilayah atau lockdown di kota terbesar negara itu, Auckland. Langkah ini diambil setelah tiga kasus baru Covid-19 dilaporkan muncul.

Ardern menyebut kali ini berlaku pembatasan level 3, yang mewajibkan semua orang berdiam diri di rumah kecuali untuk belanja kebutuhan dan pekerjaan utama. Aturan tersebut mengulang langkah pencegahan yang sebelumnya diambil juga oleh Selandia Baru tahun lalu untuk menghentikan penyebaran wabah Covid-19.

Selandia Baru, sebelum kasus baru tersebut muncul, telah mencatat nihil kasus lokal selama berbulan-bulan. Negara itu juga menjadi yang terbaik dalam indeks hampir 100 negara, terkait upaya mengendalikan wabah Covid-19.

Selandia Baru mampu mengenyahkan kasus infeksi virus SARS-CoV-2 dalam masa-masa awal pandemi pada 2020 dengan penutupan pintu masuk ke negaranya sejak dini. Hingga pertengahan Februari, kasus terkonfirmasi positif di Selandia Baru hanya tercatat sebanyak 2.330 kasus. Kasus meninggal dunia pun cukup rendah, hanya 25 kasus. (ant/jpnn)

Tags :
Kategori :

Terkait