Masyarakat Diminta Gunakan Masker Kombinasi Ganda

Sabtu 20-02-2021,23:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MASYARAKAT diminta menggunakan masker secara benar. Hal ini sebagai bagian dari upaya disiplin protokol kesehatan. Cara ini terbukti ampuh mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Centre for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat pada (13/2) lalu 2021, merekomendasikan cara baru memakai masker. Yakni masker ganda: masker medis berlapis masker kain.

“Sebuah penelitian baru dilakukan di laboratorium. Yaitu kombinasi masker ganda. Ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya,” Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Jumat (19/2).

Namun, ada beberapa kombinasi masker yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Seperti menggunakan 2 masker medis secara bersamaan. “Sebab, masker medis tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan. Sebab, tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker,” imbuhnya.

Selain itu, jangan menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Karena masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri. “Masker KN95 tidak diperuntukkan melapisi masker apapun. Baik sebagai lapis pertama maupun seterusnya,” tukas Wiku.

Dia mengingatkan agar menghindari menggunakan masker yang memiliki katup udara. Karena berpotensi sebagai celah masuknya virus. “Masker yang terdapat kawat dapat digunakan agar bisa dipakai sempurna menyesuaikan bentuk wajah atau hidung. Intinya memakai masker adalah salah satu cara terpenting mengurangi risiko tertular. Karena memakai masker yang benar lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali,” tuturnya.

Masyarakat diminta konsisten memakai masker saat bersama siapapun yang tidak tinggal bersama. Termasuk di dalam rumah. Dengan kepatuhan memakai masker yang benar, harapannya dapat menurunkan penularan.(rh/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait