Harga Turun Plus Diskon Dealer

Minggu 14-03-2021,08:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PT Astra Daihatsu Cabang Cirebon juga menyambut kebijakan ini dengan langsung menggelar event virtual di minggu pertama penerapan kebijakan tersebut. Branch Manager PT Astra Daihatsu Cabang Cirebon Vincetius Allen Budiono menuturkan mobil yang masuk dalam penerimaan relaksasi pajak terdapat empat unit yakni  Xenia, Granmax Minibus, Terios, dan Luxio.

Sebagai contoh untuk Xenia yang OTR hingga Februari masih diharga Rp201.500.000 setelah mendapatkan relaksasi PPnBM menjadi Rp189.250.000. Harga tersebut menjadi harga dasar saat ini. \"Dengan diskon dealer saat ini, Xenia pun bisa didapatkan dengan harga Rp170 jutaan saja,\" ungkapnya.

Relaksasi PPnBM ini dilakukan secara bertahap, dengan besaran relaksasi di tahap kedua 50 persen pada Juni hingga Agustus dan 25 persen pada September hingga November 2021. Selain relaksasi tersebut, beragam diskon dealer pun masih terus diberikan Daihatsu seperti DP mulai dari 20% hingga free biaya admin.

Allen mengungkapkan banyak customer yang menahan pembelian mobil baru dengan kabar akan diberikannya relaksasi PPnBM ini. Diharapkan relaksasi ini mampu meningkatkan penjualan di tengah isu menurunnya penjualan mobil sejak tahun lalu. \"Mengenai kesiapan supply pihaknya pun sudah meminta tambahan supply sebagai antisipasi permintaan yang melonjak,\" tukasnya.

Sementara itu, Auto2000 Cabang Indramayu kebanjiran inden. Konsumen menengah atas mulai tergiur harga mobil yang terpangkas hingga Rp60 juta. 150 persen kenaikan penjualan pun ditargetkan.

Selain penghapusan PPnBM 100 persen, konsumen juga dibuat tergiur dengan diskon dealer. Nominalnya variatif. Diskon dealer juga berlaku situasional. “Maret ini kita targetkan penjualan mobil Toyota hingga 150 persen,” kata Branch Manager Auto2000 Cabang Indramayu, H Winarno.

Winarno menambahkan, kebijakan pemerintah menetapkan relaksasi PPnBM mulai terasa dampaknya terhadap penjualan. Meski belum terlihat signifikan. Indikator itu terlihat dari beberapa konsumen yang telah melakukan inden atau pemesanan kendaraan. “Belum signifikan, mungkin karena konsumen juga belum mengetahui informasi tersebut secara utuh,” terangnya.

2

Ia memperkirakan, insentif PPnBM baru akan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan pada pertengahan Maret hingga Mei mendatang. Ada beberapa tipe mobil Toyota di Auto2000 Indramayu yang masuk kategori relaksasi PPnBM. Yakni,  Avanza, New Yaris,  Sienta dan Vios. “Paling gede Toyota Vios, hampir Rp60 jutaan turunnya. Avanza dan Rush sekitar Rp15 jutaan,” bebernya.

Konsumen yang ingin mendapatkan insentif pajak kendaraan 0 persen, disarankan untuk segera melakukan pemesanan di waktu sekarang. Sebelum masa penetapan kebijakan relaksasi pajak 0 persen periode pertama berakhir pada Mei 2021 mendatang.

\"Sebentar lagi Ramadan lalu Idul Fitri. Kalau konsumen melakukan pemesanan bulan depan, diperkirakan akan masuk dalam daftar tunggu. Kemudian pengurusan surat-surat juga itu tidak akan bisa keluar cepat,” tuturnya. (apr/ade)

Tags :
Kategori :

Terkait