Jokowi Ingin Industri Otomotif Bangkit Lagi

Kamis 15-04-2021,20:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka ajang pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) yang berlangsung di JI Expo Kemayoran, 15 – 25 April 2021. Melalui gelaran tersebut, Jokowi berharap sektor otomotif bangkit kembali, dan bisa menyerap banyak tenaga kerja.

“Sebenarnya saya ingin hadir secara langsung di ajang Indonesia Internasional Motor Show tahun ini, karena saya ingin industri otomotif segera bangkit, setelah di terpa pandemi covid-19. Segera, keinginan saya juga segera mempekerjakan lebih banyak lagi tenaga kerja yang juga ikut menggerakkan industri UMKM dan juga segera bisa menaikkan ekspor kita ke negara lain, ke pasar global,” ujar Jokowi, Kamis (15/4).

“Yang kita ingat bersama, kita masih dalam masa pandemi covid-19. Tetapi juga kita tidak boleh berhenti menggerakkan ekonomi, tetap dengan kewaspadaan dan kehati-hatian,” pinta Jokowi.

“Penanganan kesehatan, penanganan ekonomi harus terus kita jaga dan kita lakukan agar kesehatan aman dan ekonomi bisa bergerak maju,” kata Jokowi

Menurut Jokowi, industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian yang harus segera di akselerasi dan dipercepat. Sebab, industri otomotif banyak melibatkan pelaku usaha dalam negeri, mulai hulu hingga hilir.

“Yang harus ditingkatkan keterlibatan UMKM dan industri rantai pasok, harus terus ditingkatkan dan nilai rambah ekonomi dalam negeri juga harus menjadi prioritas dan yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja,” tuturnya.

Selain itu, kata Jokowi, transformasi menuju green energy juga perlu dilakukan. Sebuah keniscayaan bahwa ‘produk hijau’ dan ‘ekonomi hijau’ akan menjadi tumpuan ekonomi dan kekuatan disini.

2

“Menggunakan energi terbarukan seperti B30, B100 juga harus terus dilanjutkan, selain juga pengembangan industri mobil listrik,” pungkasnya. (git/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait