Siklon Tropis Teropis Terus Melanda, Kepala Daerah Diminta Waspada

Kamis 15-04-2021,23:15 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

JAKARTA – Belakangan sejumlah wilayah Indonesia terus dilanda siklon tropis. Karena itu keala daerah harus segera menyiapkan langkah antisipasi bencana dampak dari siklon tropis.

Plt Direktur Pemetaan dan Evakuasi Risiko Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari meminta kepala daerah untuk waspada ketika ada peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengenai fenomena siklon tropis.

“Sekiranya ada informasi siklon tropis dari BMKG, kita harus selalu memperhatikan peringatan dini itu,” ujarnya, Kamis (15/4).

Diungkapkannya, tanda-tanda khusus yang bisa dilihat yaitu terjadinya hujan dengan intensitas tinggi.

“Kita bisa mengenali hujan dengan intensitas tinggi, yaitu kalau kita keluar rumah dan tidak bisa melihat objek untuk jarak 20 – 30 meter, maka itu adalah hujan intensitas sangat tinggi,” ujarnya.

Jika hujan terjadi lebih dari satu jam berturut-turut, maka masyarakat harus waspada dengan situasi seperti itu.

“Masyarakat harus menghindar dulu karena dikhawatirkan mungkin di hulu terjadi luncuran batuan yang bisa berakibat fatal,” ucapnya.

2

Sedangkan Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab menyampaikan bahwa Siklon Tropis Surigae, yang sudah berkembang menjadi topan, bergerak menjauhi wilayah Indonesia, namun bisa menimbulkan dampak tidak langsung ke sebagian wilayah Indonesia.

“Topan Surigae tidak akan melewati wilayah Indonesia. Arah geraknya adalah barat laut menjauhi wilayah Indonesia,” katanya.

Siklon Tropis Surigae merupakan perkembangan dari bibit siklon 94W yang tumbuh di kawasan perairan Pasifik Barat, sebelah utara Papua, sejak 12 April 2021.(gw/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait