Ramadan di Tengah Pandemi, Patuhi Prokes dan Jaga Imunitas

Sabtu 17-04-2021,09:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON-Ramadan tahun ini masih berlangsung di tengah pandemi covid-19. Selain menjalankan ibadah puasa, masyarakat juga masih tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Di samping itu, selama Ramadan, masyarakat diimbau untuk bisa selalu memenuhi kebutuhan gizi seimbang ditambah dengan suplemen dan vitamin yang dapat meningkatkan stamina dan imunitas ketika menjalani sahur dan berbuka puasa.

“Sediakan menu berbuka lebih baik dari pada menu makan biasanya. Karena kita hanya makan dua kali sehari yakni saat sahur dan buka puasa,” ujar dr Susanti, seorang dokter Perusahaan media terbesar dalam wawancara khusus siaran podcast Kratingdaeng RedBull di Jakarta.

Ia menyebutkan makanan yang dikonsumsi pun harus memiliki gizi seimbang. Tidak lupa juga dilengkapi dengan vitamin dan suplemen yang memang dibutuhkan di masa pandemi. Ia juga menyebut ada tiga hal penting yang harus menjadi perhatian di kala puasa saat pandemi covid-19.

“Pertama adalah Aman dimana kita harus menjaga keamanan dengan tetap ketat menjaga prokes (protokol kesehatan). Kedua Imun selalu menjaga tingkat imunitas dan Amin maksudnya kita tetap berdoa agar sehat selalu,” jelasnya.

Untuk memperoleh konsumsi yang baik, pola makan harus sehat. Artinya makan harus memenuhi empat sehat lima sempurna. Pola makan sehat sehat tidak selalau mahal. Sayur bayam, tempe atau tahu dan sambal sudah memenuhi kebutuhan serat, protein dan karbohidrat. Selain pola makan yang sehat, juga tetap berolahraga untuk menjaga imunitas dengan intensitas ringan dan sedang.

“Intensitas ringan saat olahraga masih bisa bicara dan bahkan bernyanyi kecil. Sedangkan olahraga intensitas sedang biasanya kita masih bisa berkomunikasi dengan teman olahraga, namun tidak bisa menyanyi-nyanyi. Selain dua hal tadi, pastikan kita istirahat cukup, karena saat puasa biasanya kita kurang tidur. Jadi perhatikan juga istirahat kita,” ujar dokter yang akrab disapa santi ini.

Secara keseluruhan, saat menjalankan puasa sekarang ini sangatlah perlu memperhatikan gaya hidup sehat yang mencakup pola makan, olahraga dan istirahat cukup. Kalaupun perlu suplemen untuk menambah energi agar tetap beraktivitas dangan penuh, pilihlah suplemen yang sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing.

2

“Untuk menambah energi pada saat puasa, Kratingdaeng RedBull bisa menjadi suplemen yang ikut membantuh meningkatkan stamina sekaligus menambah energi. Dan minuman ini aman dikonsumsi serta mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan tubuh saat puasa,” ujar Agus Wijaya, Marketing Manager Kratingdaeng RedBull  pada acara ngabuburit hari pertama puasa di kompleks Masjid Agung Cirebon Bersama masyarakat setempat.

Dalam acara ngabuburit ini Kratingdaeng RedBull membagikan masker pada masyarakat. Acara ini merupakan sesi terakhir dari keseluruhan rangkaian kegiatan Kratingdaeng RedBull Energy Roadshow yang dijadwalkan berakhir di bulan Ramadan.

Untuk diketahui Kratingdaeng RedBull adalah suplemen kesehatan di kategori minuman berenergi mengandung Vitamin B Kompleks, Kafein, dan Taurin yang dapat meningkatkan konsentrasi dan kesegaran tubuh selama beraktivitas sepanjang hari. Kratingdaeng Red Bull merupakan Suplemen Kesehatan yang aman dikonsumsi setiap hari karena sudah terdaftar di BADAN POM dan juga mendapat sertifikasi halal dari MUI.(kmg/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait