Cari Pahala di Sepertiga Malam, Bikers Subuhan Cirebon Bagi Paket Sahur

Selasa 27-04-2021,23:45 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Kegiatan Ramadan, Bikers Subuhan Cirebon berbeda dari yang lainnya. Di waktu sepertiga malam akhir hingga menjelang pagi mereka sibuk mengumpulkan pahala.

Dari mulai membagikan paket nasi bungkus untuk sahur kepada masyarakat yang ada di jalan, hingga melakukan kajian keagamaan sampai matahari terbit.

Diketahui, Bikers Subuhan Cirebon adalah kelompok motor yang selalu berkeliling masjid yang ada di Cirebon, untuk melaksanakan Salat Subuh berjamaah. Kegiatan itu dilakukan setiap minggunya, oleh puluhan orang anggota Bikers Subuhan Cirebon.

\"Kegiatan rutin tiap Minggu. Kita kumpul di titik kumpul biasanya tempatnya berbeda-beda, kemudian menuju ke masjid untuk Salat Subuh berjamaah. Tapi bulan Ramadan berbeda. Kita juga bagi paket nasi bungkus yang berisi nasi bungkus beserta lauknya, buah, dan airnya pada waktu sahur kepada masyarakat,\" kata Sekjen Bikers, Awan Iswandi.

Pembagian nasi bungkus kepada masyarakat di waktu sahur, merupakan tahun pertama bagi Bikers Subuhan. Anggarannya pun, dari uang kas dan juga sumbangan dari anggota Bikers Subuhan Cirebon.

Uang tersebut dibelanjakan oleh salah satu anggota, kemudian dimasak. Setelah jadi, nasi tersebut kemudian dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

Terutama masyarakat yang ada di jalan pada waktu sahur. Seperti tukang tambal ban, tukang becak, ojek, pemulung, dan lainnya.

2

\"Kita sengaja sasarannya mereka orang-orang yang masih di jalan di waktu sahur. Tujuannya, agar mereka yang tidak sempatkan diri sahur di rumah bisa menikmati sahur meskipun di jalan dengan harapan kuat menjalani ibadah puasa,\" ujarnya.

Awan mengaku, pembagian nasi bungkus di waktu sahur sudah dilakukan dua kali di tempat yang berbeda. Yakni, di lampu merah Perumnas, Kota Cirebon dan Desa Bodesari, Kecamatan Plumbon. Sedikitnya, sudah 50 nasi bungkus sudah dibagikan.

\"Kegiatan ini, akan kita lakukan secara rutin ke depannya. Baik bulan Ramadan sekarang, maupun bulan Ramadan tahun depan,\" tandasnya.

Setelah membagikan nasi bungkus itu, anggota Bikers Subuhan Cirebon pun singgah di Masjid Bodesari, dan melaksanakan salat berjamaah serta melakukan kajian ilmu Islam. (cep)

Tags :
Kategori :

Terkait