Suku Mante, Manusia Kerdil Tinggi Hanya 1 Meter, Ada di Hutan Indonesia

Jumat 14-05-2021,11:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

MEDIA sosial pernah dihebohkan dengan penampakan manusia berukuran tinggi hanya kurang lebih 1 meter di pedalaman Aceh. Diketahui, itu adalah Suku Mante.

Keberadaan Suku Mante tersebut sempat terekam video secara tidak sengaja oleh sekelompok pengendara sepeda motor yang menjelajah hutan.

Fredography sebagai akun pengunggah pada 22 Maret 2017, mengaku sebagai pemilik asli dari video berdurasi 1 menit 57 detik tersebut, seperti diwartakan Antara.

Seperti dikutip dari Wikipedia, Suku Mante adalah salah satu etnis paling awal yang menjadi pembentuk etnik-etnik di Aceh.

Suku ini bersama suku lainnya, yakni Lanun, Sakai, Jakun, Senoi dan Semang, merupakan cikal bakal suku-suku yang ada saat ini di Aceh. Awalnya, nama Mante pertama kali diperkenalkan oleh Dr Snouck Hurgronje dalam bukunya, De Atjehers.

Dia mengartikan Mante adalah istilah untuk tingkah kebodoh-bodohan dan kekanak-kanakan. Snouck sendiri mengaku belum pernah bertemu dengan Suku Mante.

Dalam bukunya, Snouck menyebut Mante adalah orang Mantran yang tinggal di perbukitan Mukim XXII.

2

Pada abad XVIII, sepasang warga Suku Mante ditangkap lalu dibawa ke Sultan Aceh.

Mereka tidak mau berbicara dan makan ataupun minum, akhirnya keduanya mati. Namun dalam kamus Gayo-Belanda karangan Prof Ibrahim Alfian, Mante dipakai untuk sekelompok masyarakat liar yang tinggal di hutan.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait