Upacara Hari Lahir Pancasila, Jokowi Pakai Baju Adat Tanah Bumbu

Selasa 01-06-2021,09:42 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Selasa, 1, Juni 2021. Kepala negara mengenakan Baju Adat Tanah Bumbu.

Upacara dilaksanakan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/6/2021).

Tanah Bumbu merupakan sebuah kabupaten di Kalimantan Selatan. Sebelumnya kabupaten ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Kotabaru. Secara historis semula dinamakan Daerah Tingkat II Persiapan Tanah Bumbu Selatan.

Usai pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945, acara dilanjutkan dengan amanat Presiden Jokowi selaku inspektur upacara. Jokowi memberikan beberapa pesan terkait tantangan ke depan yang tidak mudah. Sehingga ia meminta Pancasila menjadi pondasi bangsa untuk menghadapinya.

\"Walaupun Pancasila menyatu sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan pandangan dan kebersamaan,\" kata Jokowi. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait