Disubsidi, Distribusi Bahan Pokok ke Beberapa Daerah

Selasa 15-06-2021,18:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KEMENTERIAN Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) akan memberikan subsidi biaya distribusi beberapa komoditas makanan pokok ke beberapa daerah. Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Risfaheri mengatakan, langkah itu diambil sebagai upaya untuk menjaga pasokan, setelah sebelumnya subsidi diberikan untuk distribusi jagung dari Nusa Tenggara Barat (NTB) ke Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Untuk tahap kedua subsidi diberikan untuk distribusi bawang merah dari Probolinggo ke Ambon, Maluku, serta daging ayam beku dari Mojokerto ke Tarakan, Kalimantan Utara.

“Kemarin, Sabtu (12/6), kami bantu biaya distribusi bawang merah dari Probolinggo ke Ambon, dan juga daging ayam beku dari Mojokerto ke Tarakan,” kata Risfaheri di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Risfaheri merinci, sebanyak 27,3 ton bawang merah yang diangkut dari daerah sentra yang saat panen di wilayah Probolinggo, Jawa Timur ke Ambon, Maluku.

“Bawang merah yang didistribusikan dijual di Ambon dengan harga antara Rp30 ribu hingga Rp32 ribu per kg atau lebih murah dibandingkan harga pasar saat ini Rp36 ribu/kg,” terangnya.

Selain harga di daerah konsumen, kata Risfaheri, upaya ini dilakukan untuk menjaga harga di produsen agar tidak anjlok karena berlimpahnya akibat panen raya.

“Sebanyak 30 ton daging ayam beku juga didistribusikan ke Tarakan untuk menambah pasokan di daerah tujuan untuk menekan harga ayam ras di Kaltara yang saat ini berkisar Rp46 ribu/kg,” pungkasnya. (fin)

Tags :
Kategori :

Terkait