Politeknik Pariwisata Prima Internasional Gelar Pelatihan

Jumat 18-06-2021,11:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Politeknik Pariwisata Prima Internasional kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat. Kali ini pengabdian dilakukan dengan memberikan pelatihan pengolahan produk roti dan kue bagi pelaku usaha UMKM pastry di Kota Cirebon dan sekitarnya.

Bekerja sama dengan PT Sinar Meadow Internasional, kegiatan tersebut ditujukan kepada para pelaku usaha UMKM, juga diikuti oleh ibu-ibu dari kader PKK, komunitas memasak, dan ibu-ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha di bidang kuliner. Ada tiga chef profesional yang dihadirkan untuk memberikan tips-tips menarik seputar baking dan pastry, yakni Chef Andha, Chef Rodikin dan Chef Kevin.

Direktur Politeknik Pariwisata Prima Internasioanal, Dr Condro Suryono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Pihaknya berharap, dengan kegiatan tersebut, akan dapat meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM di bidang kuliner. Di mana, di tengah situasi pandemi, usaha pasty dan baking mempunyai kesempatan yang bagus untuk bisa berkembang.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin meningkatkan kemampuan ibu-ibu di sini. Supaya kemampuannya tidak kalah dengan yang dari kota-kota besar. Karena, bisnis kuliner saat ini lumayan berkembang pesat,” ungkapnya.

Dalam hal pengabdian kepada masyarakat, lanjut Condro, Politeknik Pariwisata Prima Internasional juga telah melakukan sejumlah program lain. Seperti pemberian pelatihan Bahasa inggris, pelatihan pelayanan prima, pelatihan CHSE, serta pengembangan desa-desa wisata.

Atas hal tersebut, dirinya meyakini bahwa pengembangan sektor pariwisata juga mesti ditopang dengan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Peningkatan SDM tidak saja menjadikan sektor pariwisata tumbuh dan berkembang menjadi magnet ekonomi kreatif. Namun juga menjadi kebanggaan di ranah global.

“Yang terpenting, masyarakat itu bisa merasakan nilai positif dari pengabdian yang telah kita lakukan,” tandasnya.

2

Sementara itu, Mia Maulina, Event Executive PT Sinar Meadow Internasional mengaku sangat menyuport kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Politeknik Pariwisata Prima Internasional. Sebagai perusahaan terkemuka yang memproduksi margarin dan sebagainya, PT Meadow juga sangat mendukung pengembangan industri di bidang kuliner. Khususnya bakery dan pastry. Di mana, saat ini usaha di bidang tersebut tengah banyak digeluti oleh ibu-ibu untuk melakukan aktivitas di waktu senggangnya.

“Kami sangat mendukung upaya dalam rangka pembinaan dan pengembangan dari usaha UMKM oleh masyarakat. Bukan hanya berkontribusi kepada mashasiswa. Tapi juga kepada masyarakat yang ingin memulai usaha di bidang bakery dan pastry,” pungkasnya. (awr/opl)

Tags :
Kategori :

Terkait