Di Kota Bandung, Penutupan Jalan Mulai Diberlakukan Siang Hari

Sabtu 19-06-2021,07:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PEMERINTAH Kota Bandung memberlakukan buka tutup jalan pada siang hari mulai hari ini. Setidaknya ruas-ruas jalan yang terdiri dari Ring 1 dan Ring 2 akan ditutup pada pukul 14.00-16.00 wib di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Keputusan tersebut diputuskan dalam rapat terbatas (ratas) pada hari Rabu (16/6) lalu. Hal itu dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Bandung.

Dari pantauan wartawan di Jalan Merdeka dan Aceh pada pukul 14.10 wib, sejumlah pihak kepolisian bersama Dinas Perhubungan melakukan penutupan dengan water barier, dilansir dari berita RMOLjabar.

Sejumlah pengendara terlihat kebingungan dengan penutupan tersebut. Mereka diarahkan petugas untuk mengambil jalan selain yang diberlakukan penutupan.

Untuk diketahui, sebelumnya, Kepala Bagian Operasi (KBO) Satuan Lalulintas (Satlantas) Polrestabes Bandung AKP Dody Kuswanto menjelaskan bahwa setidaknya ada 30 titik yang akan diberlakukan buka tutup. Titik-titik tersebut terbagi atas ring 1, 2, dan 3.

\"Penutupan jalan di ring satu dan dua, berlaku pukul 14.00-16.00 WIB dan hanya berlaku untuk hari Jumat, Sabtu dan Minggu,\" kata Dody di Balai Kota, Jl. Wastukancana, Kota Bandung, Kamis (17/6). 

Menurutnya, Senin hingga Kamis, buka tutup jalan mulai berlaku pada pukul 18.00-05.00 WIB untuk ring satu, dua dan tiga. Kegiatan ini berlaku selama 14 hari ke depan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

2

Lebih lanjut Dody mengatakan, untuk ring satu, berada di 11 titik. Diantaranya ruas jalan yang berada di pusat kota seperti Jalan Asia Afrika, Jalan Dago, Jalan Merdeka, Jalan Banceuy, Jalan Braga dan Jalan Lembong. 

\"Sedangkan di ring dua, ada sebanyak 12 titik dimulai dari Jalan Lingkar Selatan, Pasirkoja dan Jalan Ahmad Yani-Riau. Untuk ring tiga ada tujuh titik dari Jalan Cibiru hingga Jalan Pasteur,\" ucapnya.  

\"Kita hanya memperketat kendaraan yang akan masuk ke Kota Bandung. Tidak ada pemeriksaan. Jadi rekayasa jalan saja. Contohnya dari Pasirkoja lurus terus itu ditutup, bisa dialihkan ke kanan atau kiri,\" imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) PDKT Dishub Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan, pihaknya berupaya agar water barrier yang digunakan menutup jalan tidak dipindahkan orang yang tidak bertanggungjawab. 

\"Jangan sampai kita sudah tutup, dibuka orang tidak bertanggung jawab. Lalu kita juga mengajak masyarakat untuk tetap tinggal di rumah, dan keluar hanya jika memiliki kepentingan yang mendesak,\" kata Asep.ucapnya.

Ruas jalan yang akan ditutup di Kota Bandung Mulai Jumat (18/6) .

diantaranya. 

Ring satu 11 ruas jalan 

Tags :
Kategori :

Terkait