Launching Program Qurban From Home Dimasa PPKM Darurat

Selasa 06-07-2021,05:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PROGRAM Qurban From Home (QFH) \"Ibadah Ga Susah, Bisa Dari Rumah\" telah diluncurkan oleh SAPI.ID Hari Raya Idul Adha 1442 H yang akan jatuh pada Selasa (20/7) mendatang. Direktur Operasional SAPI.ID, Saripudin Yusup mengatakan, progam ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menjalankan ibadah qurban tanpa perlu keluar rumah.

Pihaknya mencoba mengajak masyarakat bahwa ibadah tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya meskipun dalam suasana pandemi. 

Seperti diketahui, saat ini kasus Covid-19 di Indonesia hari kian meningkat menyebabkan roda perekonomian di semua sektor mengalami kelumpuhan. Oleh karenanya, perlu adanya sinergitas antara pemerintah dan masyarakat guna menekan angka kasus aktif Covid-19.

\"Maka dari itu, QFH dari SAPI.ID sangat mendukung upaya pemerintah untuk menekan angka kasus aktif dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia,\" ucap Saripudin, Senin (5/7). 

Dikutip dari berita Rmoljabar Ia menyebut, mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 tahun 2021 mengenai pelaksanaan Hari Raya Idul Adha dan Qurban 1442 H, pemotongan hewan qurban hanya dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Ruminasia.

SAPI.ID sendiri memiliki kerja sama dengan RPH yang tersertifikasi dan dinobatkan sebagai Rumah Potong Hewan terbersih di Jawa Barat. Kualitas sapi yang kami miliki juga  diperhatikan kualitas dan kesehatannya, serta dipelihara dan dibesarkan di RPH yang bersih dan luas. 

Tidak berhenti disitu, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk mendistribusikan 1.500 hewan qurban ke seluruh pelosok negeri. 

2

\"Sebagai sebuah platform kami berusaha untuk memudahkan masyarakat untuk melaksanakan ibadah qurban sesuai sunnah dan protokol kesehatan Covid-19,\" jelasnya. 

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Komunitas Infaq Berkah Qurani dan Yayasan Dawuh Pasundan dalam pendistribusian hewan qurban ke daerah-daerah pelosok Jawa Barat yang membutuhkan. 

Daerah-daerah yang dimaksud meliputi wilayah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Garut. Jumlah masyarakat yang banyak di wilayah tersebut tidak berbanding lurus dengan jumlah hewan qurban setiap tahunnya. 

\"Bagi yang tertarik dengan program ini bisa akses website mereka di link https://sapi-id.com/,\" ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua BKPRMI, H. Said Aldi Al Idrus mengaku bersyukur atas kerja sama yang terjalin antara HIPMI Peduli bersama SAPI.ID. 

\"Alhamdulillah, hari ini HIPMI Peduli bersama SAPI.ID melihat kandang peternakan sapi yang dimiliki oleh SAPI.ID yang dikelola oleh kawan-kawan HIPMI Peduli Jawa Barat,\" kata Said. 

\"Semoga sapi-sapi ini terus sehat sampai nanti Idul Adha 1442 H. Kawan-kawan yang ingin menyembelih hewan Qurban tahun ini silakan menghubungi SAPI.ID yang dikelola oleh HIPMI Peduli, terima kasih,\" tambahnya.

Sekjen DPP Hipmi Peduli, Andanu Ibrohim menuturkan, kerja sama ini merupakan kolaborasi yang bermanfaat bagi semua pihak di saat pandemi ini. Pasalnya, para pekurban tidak perlu khawatir bisa melaksanakan ibadah qurban dari rumah sesuai dengan syariat dan tetap patuh pada protokol kesehatan. 

Tags :
Kategori :

Terkait