Menkes Perancis Ingatkan, Gelombang Ke IV Covid-19 Bisa Serang Di Akhir Juli

Selasa 06-07-2021,06:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MENTERI kesehatan Perancis, Olivier Veran, mengingatkan bahwa negaranya bisa dilanda gelobang ke IV Covid-19 si akhir bulan Juli ini. Menurut veran, indikasi ke arah sana sudah terlihat setelah pihaknya mencatat adanya kenaikan kasus Covid-19 

\" Kita belum sepenuhnya menghentikan epidemi, dan itu bisa mulai lagi dalam waktu cepat,\" katanya dikutip berita RMOLjabar, Minggu (4/7).

Terungkap, sekitar 30% kasus baru Covid-19 yang terdeteksi di Perancis terkait dengan varian Delta yang disebut-sebut sangat menular. Menurut data Kementerian Kesehatan terbaru, sekitar 2.549 kasus baru dan sembilan kematian tercatat dalam 24 jam terakhir.

Veran mengatakan bahwa Prancis sedang berusaha mencegah terjadinya gelombang ke IV dengan melakukan vaksinasi besar-besaran dan pembatasan jarak sosial. 

Pemerintah Prancis juga sedang mempertimbangkan untuk membuat vaksinasi wajib bagi pengasuh dan petugas kesehatan yang bekerja di panti jompo dan rumah sakit Manula. Sejumlah besar petugas kesehatan di Perancis ternyata masih belum mendapat suntikan vaksin. 

Ada juga pertimbangan untuk memperluas kewajiban vaksin ke seluruh populasi untuk mencapai kekebalan kolektif secepat mungkin. Sampai hari ini, lebih dari setengah orang Prancis, terhitung 33.961.307, telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin Covid-19(*)

Tags :
Kategori :

Terkait