Bak Film Hollywood, Penembak Presiden Haiti Menyamar Jadi DEA, Menyerang Masuk ke Rumah

Minggu 11-07-2021,11:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

HAITI - Video penyerangan rumah dan penembakan Presiden Haiti, mirip dengan adegan seperti di film Hollywood. Pelaku menyamar menjadi agen DEA.

Perkembangan terbaru, polisi Haiti telah menembak mati empat tersangka pembunuh Presiden Jovenel Moise.

Para tersangka adalah tentara bayaran yang menyamar sebagai agen Drug and Enforcement Administration (DEA) Amerika Serikat.

Presiden Moise ditembak mati di rumahnya oleh sekelompok tentara bayaran di rumahnya pada Rabu pagi waktu setempat.

Ibu Negara Martine Moise ikut terluka dalam serangan itu dan telah dibawa ke rumah sakit.

Dilansir AFP, Direktur Jenderal Kepolisian Nasional Haiti, Leon Charles, dalam konferensi pers pada Kamis (8/7) waktu setempat mengungkapkan bahwa 28 orang yang terlibat pembunuhan Moise terdiri atas 26 warga Kolombia dan 2 warga AS keturunan Haiti.

\"Kami telah menangkap 15 warga Kolombia dan 2 warga Amerika keturunan Haiti. Warga Kolombia lainnya telah tewas sementara 8 orang lainnya masih buron,\" ungkap Charles.

2

Otoritas setempat melacak para tersangka pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise ke sebuah rumah di dekat lokasi kejadian di Petionville, pinggiran ibu kota Port-au-Prince.

Baku tembak sengit terjadi hingga Rabu (7/7) tengah malam dan 6 tersangka berhasil ditangkap, sedangkan 4 lainnya tewas.

Charles dalam pernyataannya bersumpah bahwa perburuan tersangka lainnya akan terus berlanjut. \"Kami akan memperkuat penyelidikan kami dan teknik pencarian untuk menangkap delapan tentara bayaran lainnya,\" tegasnya.

Komisioner pemerintah untuk ibu kota Port-au-Prince menyatakan bahwa kepala keamanan kepresidenan yang bertugas melindungi Presiden Haiti Moise akan diinterogasi dalam beberapa hari ke depan.

\"Jika Anda bertanggung jawab atas keamanan presiden, di mana Anda? Apa yang Anda lakukan untuk menghindari nasib presiden seperti ini?\" imbuhnya. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait