Kementan: Penyerapan KUR Pertanian Tembus 40 Persen

Selasa 27-07-2021,09:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) mencatat, penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor Pertanian sepanjang Tahun 2021 mencapai angka 40 persen.

“Pertanian merupakan salah satu komoditas yang terus berkembang baik dengan serapan KUR di tahun 2021 sekitar 40 persen lebih,” kata Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, dalam konferensi Virtual, Senin (26/7).

Syahrul mengatakan, bahwa pendekatan akan terus mendorong penyerapan KUR sektor pertanian, dengan menyesuaikan musim tanam kedua pada bulan Agustus mendatang.

“Kesiapannya dilakukan melalui koperasi yang terintegrasi dari hulu sampai hilir pasca panen dan industrinya, hingga marketplacenya,” ujarnya.

Agar menyalurkan KUR Pertanian berjalan efektif dan maksimal, Syahrul mengaku tengah berkoordinasi dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, juga dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

“Saya sudah menyampaikan kepada menteri KUMK dan Menteri BUMN agar sama sama melakukan konsolidasi untuk mengefektifkan KUR dari hulu ke hilir,” pungkasnya. (fin

Tags :
Kategori :

Terkait