Koperasi Cegah Nelayan Kota Udang dari Jerat Rentenir

Selasa 27-07-2021,21:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

CIREBON - Koperasi Warga Bangkit memberikan kemudahan bagi para nelayan mendapatkan modal. Itu diharapkan mampu mencegah para nelayan dari jeratan rentenir.

\"Jadi awalnya saya berniat para nelayan yang ada di Kampung Baru, RW01, Kelurahan Kesenden terhindar dari jerat hutang rentenir. Maka itu saya berinisiatif membentuk koperasi secara mandiri,\" ungkap Ketua Koperasi Warga Bangkit Kelurahan Kesenden, Cutom Rohmana kepada radarcirebon.com.

Dijelaskan Cutom, Koperasi Warga Bangkit tersebut berdiri sejak tahun 2001 dengan hanya memiliki modal awal Rp125 ribu saja.

\"Semula SDM di Koperasi Warga Bangkit ini hanya berjumlah lima orang anggota. Namun seiring berjalannya waktu dan kerja keras kami, kemudian koperasi ini semakin berkembang dan kini telah memiliki aset lebih dari Rp1 Milyar,\" jelasnya.

Menurut Cutom, Koperasi Warga Bangkit juga membayarkan tagihan listrik dan air PDAM bagi anggotanya.

\"Jadi setiap bulannya tidak ada lagi anggota Koperasi Warga Bangkit yang terlambat membayar tagihan atau menunggak. Karena sudah dibayarkan oleh koperasi, tidak ada lagi cerita anggota yang menunggak bayar listrik dan air. Dan kami juga memberikan kebutuhan anggota untuk Hari Raya,\" ujarnya.

Masih kata Cutom, ada beberapa masalah yang dihadapi diantaranya perlu peningkatan dan pengembangan sumber daya masyarakat (SDM) pengurus koperasi dan juga belum adanya sekretariat atau bangunan kantor.

2

\"Kami harapkan bila ada peningkatan SDM tentunya koperasi akan bisa lebih berkembang. Terkait bangunan kantor, saat ini sementara kami menempati rumah bendahara,\" imbuhnya.

Cutom mengaku kini sudah memiliki 50 usaha binaan di sektor perdagangan maupun jasa yang sebagian besar sudah mandiri.

\"Setiap hari raya Idul Fitri kami melakukan RAT. Dan Alhamdulillah semakin berkembang, anggota koperasi ini sudah semakin bertambah, bukan hanya warga Kesenden saja,\" ucapnya.

Sementara itu, Lurah Kesenden Ruliyanto mengapresiasi langkah-langkah dan inovasi yang dilakukan Koperasi Warga Bangkit tersebut.

\"Jujur, saya baru tahu di Kesenden ada Koperasi Warga Bangkit. Dan ini merupakan potensi besar bagi Kelurahan Kesenden. Ini luar biasa, dan merupakan perwujudan kemandirian perekonomian warga serta ikon Kelurahan Kesenden dalam bidang pemberdayaan masyarkat dan perekonomian warga \" sebutnya.

Dia menjelaskan, pihaknya akan mengerahkan segala upaya untuk membantu agar Koperasi Warga Bangkit ini bisa lebih berkembang dan maju serta dapat beradaptasi dengan era teknologi kekinian yang ada .

\"Kita akan bantu untuk peningkatan SDM nya, termasuk soal gedung kantor. Tadi saya sudah berbincang, InsyaAllah di masa kepemimpinan saya sekarang ini akan bantu semaksimal mungkin untuk mengembangkan koperasi ini,\" jelasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait