Megawati: Saya yang Membuat BMKG, BNPB, KPK, Bukan Menyombongkan Diri

Kamis 29-07-2021,15:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri mengungkapkan bahwa dirinya adalah yang membuat BMKG, BNPB, BNN hingga KPK.

Hal itu diungkapkan Megawati dalam Rakorbangnas BMKG 2021. Hal itu disampaikan Mega dalam sambutannya.

\"Saya yang membuat BMKG, BNPB. Bukan bermaksud untuk menyombongkan diri. BNN, KPK, masih banyak lagi dan lain sebagainya,\" kata Megawati, seperti dilansir dari Youtube BMKG, Kamis (29/7/2021).

Bagaimana bisa? Megawati bercerita, saat itu dirinya menjadi wakil presiden dam ditugasi Presiden RI ke-5, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Gus Dur memberi tugas untuk penanganan konflik sosial dan bencana alam. Saat itu pun dia langsung mencari lembaga yang menangani masalah kebencanaan.

Namun, dia terkejut saat mengetahui kantor yang menangani bencana alam berada di bawah direktorat jenderal kementerian.

Megawati pun mengaku langsung meminta Gus Dur melakukan perubahan. Dia juga mengaku kala itu mengancam mundur dari ketua penanggulangan bencana.

2

\"Kalau ini tidak diubah, Pak, maka saya ingin mengundurkan diri dari tugas menjadi ketua penanggulangan bencana\'. Saya yang saya ingat Presiden Gus Dur bertanya \'kenapa demikian, Bu?\' Ya, artinya saya yang harus saya hadapi adalah akan menjadi sebuah proses yang lambat,\" tutur Mega.

Megawati kemudian menyebut BMKG, BNPB, KPK, hingga BNN merupakan lembaga bentukannya.

Menurutnya, keberadaan BNPB, BMKG sangat penting mengingat potensi kebencanaan di Indonesia. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait