Ada Pembangunan Pabrik Sepatu, Jalan Irigasi Pabedilan Terputus, Warga Tagih Janji Perusahaan

Kamis 29-07-2021,19:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Jalan pertanian dan irigasi terputus akibat pembangunan pabrik PT Longrich di Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon. Warga dan para kuwu menagih janji perbaikan jalan.

Pemerintah Kecamatan Pabedilan pun melakukan mediasi dengan melakukan dengar pendapat antara warga, kuwu serta PT Longrich di kantor Kecamatan Pabedilan, Rabu (28/7/2021).

Warga menagih janji PT Longrich untuk kembali membangun jalan pertanian dan irigasi yang terputus. Namun saat ini belum juga direalisasikan oleh PT Longrich.

Warga yang merasakan dampak dari terputusnya jalan dan irigasi, Alex Nababan mengatakan dirinya yang mempunyai sawah merasakan sekali sulitnya mendapatkan pasokan air semenjak pembangunan PT Longrich. 

\"Sejak perencanaan kita tidak pernah diajak ngobrol atau sosialisasi. Namun saya merasakan sekali sulitnya sawah saya dapatkan air untuk pengairan sejak ada pembangunan PT Longrich,\" ujarnya.

Karena sawah tidak mendapatkan pasokan air, Alex mengaku kini tidak melakukan penanaman. Biasanya setiap tahun ada petani yang menyewa sawahnya.

Tetapi sejak ada pembangunan PT Longrich ini dan sawahnya sudah tidak bisa mendapatkan pengairan, sehingga sudah tidak ada petani lagi yang menyewa.

2

Namun yang membuat Alek heran, PT Longroih selalu mengatakan apa yang dilakukannya tidak menyalahi aturan.

\"PT longrich berkilah apa yang telah dilakukannya tersebut tidak menyalahi aturan. Tetapi yang harus diingat bahwa masyarakat juga punya hak atas lahan pertaniannya yang terdampak akibat proyek pembangunan PT Longrich tersebut. Mestinya PT Longrich peka jangan melakukan pembiaran berlarut-larut, sehingga masyarakat yang dikorbankan,\" tuturnya.

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait