Beredar Foto Tentara AS bantu Anak-anak Afghanistan, China: Itu Hanya Propaganda

Selasa 24-08-2021,19:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

KABUL - Foto-foto humanis tentara Amerika Serikat (AS) bersama anak-anak Afghanistan beredar. Foto-foto tersebut menarik simpati banyak pihak lantaran menampilkan sisi kemanusiaan tentara AS di tengah kekacauan di Afghanistan.

Namun, tidak sedikit yang berpandangan negatif. Sejumlah pihak berpendapat, aksi humanis yang ditampilkan dalam foto-foto itu adalah siasat Departemen Pertahanan AS demi menyelamatkan reputasi Amerika.

Departemen Pertahanan AS pada Sabtu (21/8) memposting foto yang menunjukkan tentara Korps Marinir AS membuka makanan siap saji untuk anak-anak Afghanistan di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul.

Departemen tersebut juga menerbitkan foto-foto yang menunjukkan bahwa tentaranya menyediakan air bersih untuk anak-anak di bandara. Dalam foto-foto tersebut, terlihat para tentara berlutut untuk melayani anak-anak Afghanistan mendapatkan air.

Gambar-gambar ini cocok dengan narasi AS tentang kepedulian terhadap orang Afghanistan, tetapi masih gagal meyakinkan publik karena beberapa orang menunjukkan bahwa gerakan tentara itu terlalu berlebihan.

Salah satu media corong pemerintah China bahkan mencatat, foto-foto itu banyak yang menunjukkan kemunafikan untuk menutupi invasi AS yang jadi akar penyebab penderitaan rakyat Afghanistan.

Li Haidong, seorang profesor di Institut Hubungan Internasional Universitas Luar Negeri China mengatakan itu seperti lelucon.

Tags :
Kategori :

Terkait