Jokowi ke Cirebon Tinjau Vaksinasi, Lalu Resmikan Bendungan Kuningan

Jumat 27-08-2021,13:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

KUNINGAN – Bendungan Kuningan yang sudah rampung dibangun akan segera dilakukan peresmian oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada akhir Agustus 2021.

Pasca rampung dibangun, di bulan Juni lalu sempat dikabarkan Presiden RI Joko Widodo akan meresmikan bendungan tersebut.

Namun rencana itu tidak terlaksana lantaran padatnya jadwal presiden. Setelah tertunda, peresmian Bendungan Kuningan dijadwalkan pada hari Selasa, 31 Agustus 2021. 

Bendungan Kuningan sendiri kini kondisinya sudah digenangi air cukup tinggi. Sejumlah infrastruktur pendukung di kawasan bendungan juga sudah ditata rapi.

Warga terdampak pembangunan Bendungan Kuningan terutama warga Kawungsari, Kecamatan Cibeureum sudah menempati rumah baru yang dibangun pemerintah pusat di Desa Sukarapih, Kecamatan Cibeureum.

Selain warga Kawungsari, di tempat relokasi itu juga terdapat warga Randusari dari kecamatan yang sama karena rumahnya terdampak bendungan.

Seperti diketahui, Bendungan Kuningan memiliki luas sekitar 284,45 hektare dengan total volume tampungan mencapai 25,955 juta m3.

2

Proyek ini dibangun dengan tujuan bermanfaat untuk irigasi sebanyak 3.000 hektare, masing-masing D.I Cileuweung 1.000 Ha (Kuningan) dan D.I Jangkelok 2.000 Ha (Brebes), pengendalian banjir dengan reduksi banjir 429,24 m3/s (67,83 persen), pengairan air baku 300 l/det, PLTA 500 kW dan lain sebagainya.

Selain peresmian bendungan, rencananya Presiden Joko Widodo akan meninjau pula pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan.

Setidaknya vaksinasi bagi santri pesantren akan diikuti sebanyak 2.500 peserta.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait