PJJ Kota Cirebon, Kerja Sama dengan TV Lokal hingga Zoom Meeting

Jumat 27-08-2021,14:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung dan menghantam semua sektor yang ada. Tidak terkecuali adalah sektor pendidikan. Bahkan, jika dilihat sektor ini merupakan sektor yang cukup terdampak karena tidak dapat mengadakan tatap muka.

Alhasil, pembelajaran harus dilakukan secara daring dan tidak diizinkan tatap muka. Untuk Kota Cirebon sendiri sempat beredar wacana membuka sekolah pada awal Juni 2021. Namun harus kembali batal karena ledakan kasus Covid-19.

Tentunya pelaksanaan pembelajaran daring atau PJJ di sekolah memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMPN 1 Kota Cirebon, Veni SPd menjelaskan bahwa selama pandemi memang pihaknya harus terus mengadakan PJJ tanpa ada tatap muka.

\"Selama pandemi kita memang PJJ dan sudah berlangsung baik dan lancar. Kita tetap menggunakan aplikasi dan media yang sudah ada untuk pelaksanaan PJJ,\" ujar Veni.

Sejauh ini, aplikasi yang digunakan oleh SMPN 1 diantarnya adalah Google Classroom, Whatsapp, Zoom Meeting, dan juga media TV di RCTV pada masa tahun ajaran 2020-2021.

\"Pembelajaran daring kita tetap gunakan melalui Google Classroom dan komunikasi lainnya menggunakan media wa. Jadi setiap.mapel ada wa grup,\" tutur Vani.

\"Guru membuat grup itu untuk komunikasi dan absensi anak-anak. Jadi setiap anak harus absen di setiap mapelnya,\" tambah Veni.

2

Ketika mengikuti Google Classroom, terang Veni, anak-anak diberikan tugas dan materi serta anak-anak akan berkomunikasi lewat Whatsapp. Kemudian untuk penilaian akan dilakukab melalui Google Form.

\"Kita tidak pernah melakukan PTM sama sekali. Kita tidak mau melaksanakan PTM tanpa SE. Kita patuh pada aturan. Blended learning juga belum pernah, karena ada di SK,\" jelas Veni.

\"Untuk anak-anak ketemu secara virtual dengan kami melalui Zoom Meeting agar ada interaksi dan anak-anak bisa bertanya. Ataupun melalui video yang dibuat,\" imbuh Vivi.

Vivi juga mengatakan bahwa zoom meeting juga pihaknya membatasi untuk pemakaiannya hanya 1 kali dalam 4 minggu dengan maksimal 1 jam.

\"Kita sudah ada jadwal menggunakan zoom. Kita memikirkan kuota anak, tidak selalu menggunakan zoom meeting,\" tutur Veni.

Selain itu juga, PJJ dalam 2020-2021 juga diadakan di RCTV. Namun ketika ada PJJ untuk tingkat SMP maka pihaknya akan meminta guru untuk libur mengajar dan mengalihkan siswa ke RCTV.

\"Nanti kita juga siapkan tugas untuk anak-anaknya. Ini juga bagus karena guru-guru belajar tampil di TV juga,\" jelas Veni.

Selama masa PJJ juga, pihaknya tetap mengadakan ekskul secara daring dan juga kegiatan kewalikelasan dan pekan pendidikan karakter.

Tags :
Kategori :

Terkait