Menlu Retno: Indonesia Bakal Usung Pemulihan Ekonomi Dunia Dipertemuan G20

Rabu 08-09-2021,05:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi megatakan, bahwa pada agenda pertemuan G20 pada 2022 mendatang, Indonesia selaku tuan rumah akan mengusung tema besar ‘Recover Together, Recover Stronger’. Menurutnya, tema tersebut sangat tepat, mengingat fokus dunia saat ini yang sedang memastikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di tengah krisis akibat Covid-19. 

“Melalui visi dan tema ini, kita akan pastikan G20 akan relevan tidak hanya bagi anggotanya, melainkan bagi semua, khususnya negara berkembang,” kata Retno, saat Raker dengan Komisi I DPR, dikutip Selasa (7/9/2021).

Retno menjelaskan, bahwa ada dua pilar besar dalam G20 nanti. Pertama, Pilar Finance yang pada saat presidensi Indonesia akan dipegang oleh Menteri Keuangan dan Gubernur BI. Kedua, Pilar Sherpa Track G20 akan diketuai oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Menlu, dan Wamenlu.

“Untuk pilar Sherpa urusan sehari-hari dan negosiasi pada dasarnya akan dipegang oleh co-Sherpa yang terdiri dari deputi Kemenko Perekonomian dan Stafsus Dubes Triansjah Djani,” terangnya.

Adapun Pilar Sherpa Track G20, lanjut Retno, akan membahas isu-isu ekonomi non keuangan menyangkut energi, pembangunan, pariwisata, ekonomi digital, pendidikan, tenaga kerja, pertanian, perdagangan, investasi, industri, kesehatan, serta anti korupsi.

“Di bawah Pilar Sherpa akan terdapat 15 Pertemuan Tingkat Menteri dan 11 WGs. Selain itu, akan terdapat pula 10 Engagement Group yang terpisah dari track pemerintah, termasuk Parliament (P20),” pungkasnya.

Seperti diketahui, Indonesia bakal menjadi tuan rumah pertemuan G20 pada 2022 mendatang. G20 adalah kelompok 20 ekonomi terbesar dunia, yang terdiri atas 19 negara, termasuk Indonesia, dan Uni Eropa.

2

Presidensi G20 Indonesia akan dimulai pada tanggal 1 Desember 2021 ini. Namun sejak akhir tahun lalu, Indonesia sudah masuk sebagai bagian dari Troika Presidensi G20 bersama ketua saat ini, yaitu Italia, dan Arab Saudi, ketua G20 tahun 2020.(fin)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait