Mau Indonesia Jadi Negara Maju? Ini Syaratnya Kata Sri Mulyani

Senin 13-09-2021,02:00 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

JAKARTA – Indonesia mematok target jadi negara maju pada 2045. Tolok ukurnya bukan hanya pertumbuhan ekonomi yang mesti di atas lima persen setiap tahun.

“Seringkali kita disuguhkan beberapa indikator yang sering disampaikan. Seperti pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, kesenjangan, atau nilai tukar petani, nilai tukar nelayan, dan sebagainya. Namun, kemajuan suatu bangsa pasti selalu terikat dan ditentukan oleh kualitas manusianya,” tegas Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani di Jakarta, Minggu (12/9).

Dia menyebut kinerja ekonomi nasional dan pendapatan per kapita masyarakat yang tinggi hanya sebagian dari indikator untuk menjadi negara maju.

Indonesia harus memenuhi persyaratan lainnya. Seperti Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang mampu memenangi kompetisi tingkat dunia.

“Maju dari kemampuan memenangkan berbagai lomba internasional. Mulai olimpiade olahraga, festival film, nobel, berbagai macam ajang lainnya,” tuturnya.

Selain itu, aspek fisik Indonesia juga akan diukur untuk menjadi negara maju. Sehingga infrastruktur jalan raya, jalan tol, transportasi modern, dan kereta cepat terus dibangun oleh pemerintah.

Pemerintah, lanjutnya, juga terus mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas. “Maju juga dilihat dari berbagai hal lain, apakah kotanya memiliki gedung tinggi. Apakah rakyat sudah memiliki akses internet dan listrik,” pungkasnya. (rh/fin)

2

Baca juga:

Misteri Kematian Kakak Korban Pesugihan Congkel Mata, Makam akan Dibongkar

Jokowi, Luhut sampai Anies Makin Tajir saat Pandemi, Harta Sandiaga Malah Turun Rp1,2 Triliun, Tapi Masih Jauh Paling Kaya

Tags :
Kategori :

Terkait