Warung Makan Sedekah, Bayar Rp2,000 Makan Sepuasnya

Selasa 14-09-2021,11:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Banyak cara untuk saling menguatkan di masa pandemi. Berbagi bersama adalah salah satu yang bisa dilakukan. Seperti kolaborasi yang dilakukan oleh Owner Waroeng Seafood Mindut Indah Susan dan Owner Batik Kitchen Sally Giovanny. Menghadirkan Warung Makan Sedekah, menyediakan makan sepuasnya hanya dengan Rp2.000.

Bagi kaum dhuafa, yatim piatu, pedagang asongan, pedagang, jalanan, dan lainnya, pandemi sangat menyulitkan dalam hal ekonomi. Berangkat dari kepedulian ini, Indah dan Selly berkolaborasi menghadirkan Warung Makan Sedekah. Bertempat di Patra Park Food Culinery, program ini khusus diadakan setiap Senin dan Kamis, sejak pukul 13.00 hingga 20.00.

Selain bisa dimanfaatkan untuk makan siang, program ini juga bisa bagi mereka yang menjalankan puasa di Senin atau Kamis. \"Khusus Jumat, kami bagikan nasi kotak ke berbagai titik di Kota Cirebon,\" tuturnya.

Untuk program Warung Makan Sedekah ini, sudah masuk minggu kedua digelar. Di minggu pertama, sebanyak 100 porsi habis hingga pukul 20.00. Di Kamis pertama, 100 porsi pertama habis hanya dalam waktu 30 menit. Sebagian besar yang menikmati program ini, 60% merupakan driver online, 10% dhuafa, 10% fakir miski, 10% yatim piatu, dan lainnya.

\"Kami berharap, mereka bisa makan sepuasnya dan meringankan sedikit beban mereka di masa pandemi ini,\" ungkapnya.

Menu yang dihadirkan beragam macam. Mulai dari nasi, daging ikan, daging ayam, sayuran, gorengan, hingga pencuci mulut seperti puding, bolu, hingga buah. Tak ketinggalan aneka minuman seperti orange juice, lemon tea, es teh manis, hingga es campur.

\"Walau yang makan diharapkan bersedekah Rp2.000, menu yang kami hadirkan setara dengan Rp20 ribu per porsi. Menunya pun berbeda setiap minggunya,\" papar dia.

2

Program ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat lain untuk bisa saling berbagi. Diharapkan, lebih banyak orang yang membagikan energi kebaikan seperti ini. Salah satunya dengan memberikan persyaratan membayar sedekah Rp2.000 untuk bisa makan sepuasnya. Bersedekah menjadi suatu kebiasaan meski dalam kesulitan.

\"Sesulit apapun kita, usahakan untuk bisa bersedekah, berapapun nilainya. Itulah yang kita tanamkan dalam program ini,\" tandasnya.

Dengan animo masyarakat yang menyambut baik program ini, tak sedikit donatur yang akhirnya mulai tergerak untuk ikut andil dalam program ini. Setiap minggunya. beberapa donatur pun mulai menyumbangkan makanan hingga minuman sesuai kemampuan mereka.

\"Kami membuka masyarakat yang juga ingin ikut andil memberikan sedekah bagi sesame. Kami harap semua bisa saling terbantu dengan adanya program Warung Makan Sedekah ini,\" tukasnya.

Sementara itu, salah satu driver online, Lady Marlina mengungkapkan, ini kali pertama ia menikmati makanan di Warung Makan Sedekah. Mengetahui dari grup WhatsApp driver online, ia pun bersama rekan lainnya memanfaatkan program ini. Menurutnya, program ini sangat membantu di masa sulit.

\"Sangat puas dengan menu yang dihadirkan. Terima kasih telah membuat program yang sangat bermanfaat bagi kami. Semoga semua bisa mendapatkan keberkahan,\" harapnya. (apr/opl)

Tags :
Kategori :

Terkait