Bank Indonesia Berpeluang Menahan Suku Bunga 3,5 Persen

Rabu 22-09-2021,00:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

BI akan mengumumkan suku bunga acuan 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) hari ini, Selasa (21/9/2021). BI diperkirakan bakal menahan tingkat suku bunga 7DRRR tetap di level 3,5 persen dan hal itu bisa mendorong penguatan mata uang rupiah terhadap dolar AS.

“Kami yakin BI akan mempertahankan suku bunga acuan 7DRRR di posisi 3,5 persen,” ujar Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Anthony Kevin, dalam riset hariannya, dikutip Selasa (21/9).

Antony mengatakan, kinerja makro ekonomi masih suram meski telah memasuki kuartal III/2021. IHS Markit juga mengumumkan angka PMI manufaktur Indonesia untuk Agustus di 43,7. Hal ini menandakan dalam dua bulan berturut-turut kontraksi industri manufaktur Indonesia masih terjadi. Sementara indeks kepercayaan konsumen dan angka penjualan ritel juga lemah pada Agustus.

Grafik pergerakan rupiah terhadap dolar AS (TradingView)

“Hal ini sejalan dengan ekspektasi kami bahwa tekanan pada daya beli akan tetap kuat memasuki kuartal III/2021, meskipun keputusan yang diambil oleh pemerintah pusat untuk menerapkan langka pembatasan sosial yang relatif ketat sepanjang kuartal ini juga berkontribusi besar terhadap persepsi dan konsumsi konsumen,” jelasnya.

Mirae Asset memperkirakan kebijakan suku bunga akan tetap stabil karena kemungkinan bank sentral akan bermain aman untuk mempertahankan posisi rupiah yang relatif kuat. (git/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait