Priben Jeh, Mobil Plat Merah Parkir di Jalur Sepeda Jalan Siliwangi

Kamis 23-09-2021,11:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Jalur sepeda di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon masih terus dilanggar. Bahkan kendaraan plat merah juga turut melakukan pelanggaran.

Seperti terpantau radarcirebon.com di Jalan Siliwangi, persisnya di depan Hotel Metland. Sebuah mobil Toyota Kijang dengan plat merah parkir menutupi jalur sepeda yang menggunakan cat hijau.

Mobil plat merah dengan leter D itu, diikuti kendaraan lainnya yang juga parkir di jalur yang sama. Besar kemungkinan, belum memahami kalau lajur dengan cat hijau itu, dilarang digunakan untuk berhenti ataupun parkir.

Salah satu pengendara sepeda, Ayu menuturkan bahwa dirinya cukup nyaman menggunakan jalur sepeda yang baru saja diresmikan tersebut.

Namun, dirinya sangat menyayangkan jalur sepeda yang digunakan untuk parkir oleh oknum.

Sebelumnya, Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH menyebut, keberadaan jalur khusus tersebut menjadi harapan baru bagi pehobi sepeda.

Atau masyarakat yang sudah menjadikan sepeda sebagai alat transportasi.

2

“Bagaimana pun juga, sepeda itu menjadi hobi yang menyehatkan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, bisa membuat masyarakat sehat, dan imun tubuhnya meningkat,” kata Azis.

Dia mengapresiasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon yang melakukan terobosan, memberikan kesempatan masyarakat mencintai sepeda. \"Sangat tepat kalau ada jalur khusus sepeda,\" kata Azis.

Namun demikian, kata Azis, yang perlu dipikirkan adalah sosialisasi kepada masyarakat.

Khususnya memberi pemahaman kepada juru parkir agar tidak mengarahkan kendaraan di jalur sepeda.

Memang, butuh waktu membangun kesadaran ini, tapi harus dimulai dari sekarang. Jangan sampai jalur sepeda malah digunakan area parker.

“Perlu saling menghormati. Jalur sepeda ada, jalur umum ada. Masyarakat harus sadar akan penggunaannya. Tugas Dishub mengedukasi juru parkir agar tidak mengarahkan pengendara memarkirkan kendaraan ke jalur sepeda,\" tandasnya. (dri)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait