Ciayumajakuning Zona Kuning Covid-19, Tak Ada Lagi Zona Merah

Kamis 23-09-2021,15:50 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Sebagian besar wilayah Indonesia kini berada di zona kuning dalam peta risiko covid 19. Termasuk wilayah 3 Cirebon atau Ciayumajakuning.

Berdasarkan Peta Risiko Covid-19, saat ini Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu dan Majalengka seluruhnya berada pad arisiko rendah penularan virus corona.

Begitu juga wilayah Jawa Barat. Sudah tidak ada yang masuk zona oranye. Meski belum ada juga yang masuk zona hijau.

Peta Zonasi Risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan.

Indikator tersebut diantaranya penurunan jumlah kasus positif dan probable pada minggu terakhir sebesar 50 persen dari puncak.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr Edy Sugiarto MKes mengungkapkan, saat ini pemerintah tengah menggenjot vaksinasi. Diharapkan pada November nanti, telah terbentuk kekebalan komunitas di Kota Cirebon.

Pada November nanti, juga diharapkan jumlah masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin covid-19 mencapai lebih dari 80 persen penduduk. Dirinya optimis target ini tercapai, karena pada bulan ini saja sudah berada di 70 persen berdasarkan data KPC-PEN.

2

Tetapi berdasarkan data Pemerintah Provinsi Jawa Barat, cakupannya 51 persen. Ini dikarenakan dari 70 persen masyarakat Kota Cirebon yang divaksin, hanya 51 persennya ber-KTP Kota Cirebon.

Sedangkan sisanya, ber-KTP luar Kota Cirebon. (rdh/yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait