Warga Kalikebat Kerja Bakti Bersihkan Sungai

Senin 11-10-2021,11:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Dalam rangka menciptakan kebersihan lingkungan, khususnya menjelang musim hujan, warga RT 01/RW 01 KaliKebat, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, menggelar kerja bakti membersihkan sungai, Minggu (10/10). Warga terlihat kompak membersihkan sungai, khususnya rumput yang menghambat saluran air sungai. Warga ada yang membawa sabit, hingga cangkul, bahu-membahu membersihkan rumput, hingga sampah.

Ketua RT 01 Kalikebat, Sidik Permana mengatakan, kegiatan ini untuk menjaga lingkungan, karena warga masih banyak yang mandi dan mencuci di Kalikebat. Sedangkan warga, kata Sidik, masih kurang sadar lingkungan, dengan membuang sampah ke sungai. Termask mencuci baju di sungai.

Untuk itu, dirinya berharap, dinas terkait bisa turun untuk menyelesaikan persoalan sampah. Setidaknya menggugah kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. “Perlu dinas turun, mengedukasi masyarakat supaya tidak membuang sampah ke sungai,” terangnya.

Sidik menambahkan, kerja bakti tersebut pertama kali sejak dirinya menjabat sebagai ketua RT. Dirinya dan warga ingin menjaga lingkungan dengan bersih-bersih sungai.

“2-3 bulan lalu ada yang turun mengecek kadar air. Ternyata kadar air di sungai berbahaya untuk kesehatan,” tandasnya.

Dirinya menambahkan, kondisi air yang keruh dan bau, oleh warga masih tetap digunakan untuk mencuci baju. Bahkan terkadang, warga nyuci airnya jadi bau. Walaupun sebenarnya warga punya air bor. Hanya saja, debit airnya kecil, sehingga warga memanfaatkan air sungai sebagai tempat untuk mencuci. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait