150 Orang Tewas Diterjang Banjir Bandang di India dan Nepal

Sabtu 23-10-2021,06:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

HUJAN lebat selama beberapa hari terakhir menyebabkan banjir bandang di Nepal dan India. Akibatnya, 150 orang dikabarkan tewas. Kementerian Dalam Negeri Nepal mencatat, sebanyak 77 orang tewas selama pekan ini akibat banjir dan tanah longsor. Sekitar 22 lainnya terluka dan 26 orang hilang.

Sementara di India, 46 orang tewas di Uttarakhand dan 27 mayat ditemukan di negara bagian Kerala.

\"Ada kerugian besar akibat banjir. Tanaman-tanaman hancur. Penduduk setempat menghadapi banyak masalah, jalan-jalan tergenang air, jembatan-jembatan hanyut,\" ujar Kepala Menteri Uttarakhand, India, Pushkar Singh Dhami, dilansir dari kantor berita RMOLJabar Kamis (21/10).

Pejabat polisi India, Ashok Kumar mengatakan, Nainital, yang berada di Uttarakhand, menjadi daerah terkena dampak paling parah dari bencana tersebut.

Menurut Kumar, sedikitnya 3.000 orang harus dievakuasi dari Sungai Sarda yang meluap pada Senin (18/10) akibat banjir dalam beberapa hari ini.

Terjangan air juga menewaskan lima orang di negara bagian Benggala Barat, termasuk dua anak. Kedua anak tersebut berasal dari keluarga yang sama. Mereka hanyut kala hujan lebat menerjang perbukitan Darjeeling.

\"Lumpur, batu, dan air yang jatuh di perbukitan Darjeeling merusak hampir 400 rumah dan (membuat) ribuan orang dievakuasi dari sungai yang meluap di kaki bukit,\" kata Menteri Penanggulangan Bencana, Javed Amhed Khan.(*)

Tags :
Kategori :

Terkait