Partai Golkar Tingkatkan Kapasitas Kader

Selasa 26-10-2021,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Pengurus dan kader DPD Partai Golkar Kota Cirebon mengikuti pendidikan politik dan kaderisasi partai, Minggu (24/10). Dalam agenda ini, kader Beringin dan organisasi Hasta Karya juga mendeklarasikan dukungan bagi ketua umumnya, Airlangga Hartarto, menjadi calon presiden 2024.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon Andrie Sulistiyo SE menjelaskan, pendidikan politik dan kaderisasi ini sangat penting, mengingat, terakhir kali partainya menggelar pengkaderan, sudah lama sekali, sejak 2007 atau 2009.

“Para kader terdahulu ada yang sudah tidak aktif, sudah pindah partai, berhalangan, bahkan sudah ada yang meninggal dunia,” ujarnya.

Di kepengurusan kali ini, pihaknya ingin menggelar kaderisasi secara berkala. Kalau tidak, maka kader Golkar ke depan akan habis. Apalagi, saat ini 90 persen partainya diisi oleh pengurus baru, sangat penting digelar pelatihan dan kaderisasi Partai Golkar.

Agenda ini, kata dia, juga sebagai investasi politik dengan meningkatkan kapasitas para kader adalah memenangkan setiap kontestasi politi. Karena Golkar akan besar berkat perjuangan pada kader di bawah, bukan karena kerja para pengurus di DPD saja. Tanpa para kader yang bekerja langsung di masyarakat, mustahil kemenangan Partai Golkar dapat diraih.

Selain itu, dalam agenda ini, pada kader Beringin di Kota Cirebon juga memulai ikhtiar politiknya dalam Pemilu 2024, dengan mendeklarasikan ketua umumnya Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024. Hal ini, didasari jika Airlangga merupakan sosok yang mampu meneruskan estafet kepemimpinan Joko Widodo.

Dia memandang, sosok Airlangga Hartarto juga dipandang berhasil ketika diberi amanat oleh Jokowi sebagai ketua KPCPEN, sehingga keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan Covid-19 dan menumbuhkan perekonomiannya, diakui oleh sejumlah negara pada perhelatan global.

2

“Dengan pengalaman yang dimilikinya, baik secara kepartaian maupun di pemerintahan, Airlangga merupakan figur yang sangat memahami Indonesia, memahami keinginan rakyat, visioner, berkomitmen terhadap NKRI, dan mampu menjadi mahkota bagi bangsa ini untuk mencapai cita-cita gemilang di masa yang akan datang,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya siap melakukan kerja-kerja politik. Sesama rakyat untuk memenangkan Airlangga Hartarto dalam Pilpres 2024. Serta memenangkan Partai Golkar dalam Pileg dan Pilkada 2024.

“Kami siap mengamankan dan menjalankan seluruh keputusan dan kebijakan partai Golkar salam rangka memenangkan seluruh kontestasi politik 2024,” terangnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Cirebon Drs Buntoro Tirto AP MH berpesan agar dalam kontestasi pemilu, partai politik selaku stake holder yang berkepentingan langsung dalam pemilu, dalam ikut meningkatkan partisipasi politik masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan kaderisasi dan pendidikan politik.

Ajang pemilu terakhir di 2019 lalu, partisipasi pemilih di Kota Cirebon mencapai 70 persen lebih. Sehingga, diharapkan dengan pendidikan politik di tingkst kader partai politik, kondusivitas dan stabilitas daerah di setiap momen pemilu ke depannya, akan lebih terpelihara. (azs)

Tags :
Kategori :

Terkait