SMA Islam Al-Azhar Juara Panahan Tingkat Jabar

Kamis 28-10-2021,12:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan siswa SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Akhir pekan kemarin berhasil meraih juara kompetisi panahan tingkat Jawa Barat di Kota Bandung. Adalah Siti Julaiha, siswa kelas X SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon meraih juara III total kualifikasi putri kategori standar nasional umum 40 meter dan eliminasi putri di kategori standar nasional umum 40 meter yang digelar Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Bandung, 23-24 Oktober 2021.

Julaiha menjelaskan, dirinya mengikuti kompetisi karena latar belakangnya adalah untuk tes kemampuan. Sebab, itu adalah persiapannya mengikuti Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2022, tahun depan.

Tidak hanya itu, Iha –sapaan Julaiha- juga ingin menguji skor tertingginya sampai di angka berapa. Karena, saat kompetisi panahan, dirinya meraih skor terakhir 579, dari target skor 600. Selama mengikuti kompetisi, dirinya tercatat melesatkan anak panah sebanyak 72 kali. Dan berhasil masuk ke titik x-ten sebanyak 11 busur.

Iha ikut dua sesi kualifikasi dan dua sesi aduan. Hasilnya sesuai harapan. Apalagi skor yang dicapainya di atas sesi latihan. Dirinya masih belum puas, dan akan terus meningkatkan kemampuannya. “Latihan panahan awal kelas 3 SMP. Awalnya ikut ekskul panahan SMA Al-Azhar 5 Cirebon, ternyata mengasyikkan untuk mengisi waktu luang dan mencoba hal yang baru,” bebernya.

Bagi Iha, berlatih panahan memiliki kenikmatan karena melatih konsentrasi, daya tahan, dan keseimbangan. Dirinya mengapresiasi SMA Islam Al-Azhar.

Pembina Olahraga, Akbar SPd ikut mendampingi Iha ke Bandung. Dia menjelaskan, keikutsertaan Iha di ajang kompetisi panahan, sebagai uji coba kemampuan dan scoring. Dari situ, standar minimal bisa kelihatan.

Kepala SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon, Nur Wahyudin SSi didampingi Wakasek Kesiswaan Akyad SSi bersyukur hadirnya Iha sebagai bibit baru setelah sebelumnya punya Indri, juara panahan di tiga kategori. “Setelah tiga tahun, akhirnya muncul Julaiha (Iha),” ujar Akyad.

2

Akyad menjelaskan, panahan sebenarnya ektrakurikuler termuda dibandingkan yang lain. Namun demikian, ternyata punya prestasi. SMA Al-Azhar terbuka bagi yang memiliki prestasi masuk melalui jalur prestasi. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait