Dua Siswa SMP Wahidin Juara Lomba Basa Sunda

Selasa 09-11-2021,11:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Dua siswa SMP Wahidin Kota Cirebon berhasil memenangkan dua jenis perlombaan dalam Lomba Tingkat Kota Pasanggiri Apresiasi, Basa, Sastra, Jeung Aksara Sunda Jenjang SD-SMP Tingkat Kota Cirebon, beberapa waktu lalu. Dua siswa tersebut adalah Surya Fadilah jadi juara 1 pada Lomba Ngadongeng Sunda dan Qies Munghabi yang memenangkan juara 2 pada Lomba Maca Nulis Aksara Sunda.

Kepala SMP Wahidin Mohamad Ali SAg SPd MMPd mengungkapkan, pihaknya senantiasa untuk mengikuti lomba karena merupakan langkah untuk melihat sejauh mana kompetensi anak-anak dalam menimba ilmu di sekolahnya.

\"Mudah-mudahan anak-anak kita yang sudah dibimbing dan diberikan bisa mendapatkan hasil terbaik. Kita targetnya jadi sekolah yang unggul. Mudah-mudahan kemenangan ini sebagai langkah awal menuju prestasi-prestasi lainnya,\" kata Ali.

Senada, guru pendamping Basa Sunda SMP Wahidin, Devi Sofiaty Yuniar SPd mengatakan, meski dalam masa PTM Terbatas sejak Juli 2021, pihaknya mencoba untuk memberikan yang terbaik kepada para siswanya.

Devi juga menceritakan awal mula dirinya bisa memilih dan membina anak-anak tersebut untuk mengikuti Lomba Basa Sunda. \"Memang dari awal saya lihat, setiap pelajaran saya selalu mendapatkan nilai tinggi. Makanya bisa meraih juara,\" ungkap Devi.

Dirinya melatih anak-anak tersebut ketika jam senggang dirinya mengajar, untuk bisa mengikuti lomba-lomba Basa Sunda. Hingga akhirnya berhasil memenangkan lomba Basa Sunda Tingkat Kota Cirebon dan akan mewakili ke tingkat Jawa Barat.

\"Alhamdulillah bisa sampai juara. Persiapan kita kurang lebih sebulan dan intensif. Saya mau ngelatih terus karena kalau di provinsi lebih banyak yang lebih nyunda,\" jelasnya.

2

Sementara itu, Surya Fadilah mengungkapkan, selama berlomba, dirinya tidak grogi dan tidak menyangka bisa mendapatkan juara meksi awalnya sempat ragu. \"Memang saya coba usaha sebisa mungkin, apalagi untuk menghadapi ke tingkat Jawa Barat,\" kata Surya.

Pria asli Kebumen Jateng, itu juga menceritakan awal menggeluti Basa Sunda. Waktu kecil, ia pernah diajar Bahasa Sunda. “Saya ada keinginan juara sampai menang di provinsi. Mudah-mudahan bisa tercapai,\" tutupnya. (jrl/opl)

Tags :
Kategori :

Terkait